Ikon Pariwisata Baru Cirebon, Kursi Rotan Raksasa Setinggi 12 Meter!

Berikut artikel Ikon Pariwisata Baru Cirebon, Kursi Rotan Raksasa Setinggi 12 Meter!, Semoga bermanfaat

Cirebon – Cirebon mulai milik ikon pariwisata baru, merupakan sebuah kursi rotan raksasa setinggi 12 meter. Kursi raja unik ini mulai dinamai Ki Ageng Rotan.

Sebulan lamanya para pengrajin rotan yg tergabung dalam Yayasan Kampung Wisata Rotan Galmantro membuat sebuah kursi raksasa yg diberi nama Ki Ageng Rotan. Rencananya kursi tersebut mulai dipajang di sekitar Pantura sebagai salah sesuatu ikon wisata di Kabupaten Cirebon.

Kursi yg berukuran 12×8 meter itu dibuat oleh 40-50 pengrajin selama sesuatu bulan di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Kursi tersebut menghabiskan sekitar 400 kg bahan baku rotan yg dioplos dengan bahan baku sintetis.

“Kalau ditotal sama rangka besi dan lain-lain beratnya sampai sesuatu ton. Sebagian ada asli rotan sebagian kalian oplos dengan sintetis karena mulai disimpan di outdoor. Untuk rangaknya sendiri kami pakai besi jelas perancang Ki Ageng Rotan, Djarso, ketika ditemui di Lapangan Tegalwangi, Selasa (14/3/2017).

(Tri/detikTravel)Foto: Tri Ispranoto/detikTravel

Djarso mengatakan, kursi tersebut tak cuma sebagai ikon wisata namun memiliki filosofi bangkitnya usaha rotan yg dua tahun dulu akan tenggelam. Padahal pada masa jayanya dalam sesuatu bulan tak kurang 3ribu kontainer produk rotan diekspor ke luar negeri dari Kabupaten Cirebon.

“Filosofinya ini kan membangunkan kursi raja. Raja itu kedudukannya paling tinggi. Sehingga kalian ingin membangunkan kembali usaha yg telah dirintis oleh nenek moyang kami memasuki masa jayanya lagi,” katanya.

Dari pantauan detikTravel, Ki Ageng Rotan selesai dilakukan pada Selasa siang sekitar pukul 12.00 WIB. Selanjutnya kursi yg semula dalam posisi ‘tidur’ dibangunkan bersama-sama oleh warga dan unsur muspida setempat dengan memakai tambang dengan cara ditarik secara bersamaan.

Ikon Pariwisata Baru Cirebon, Kursi Rotan Raksasa Setinggi 12 Meter!Foto: Tri Ispranoto

Selain ‘membangunkan’ sang kursi, di lapangan tersebut pun terdapat belasan stand yg menjual aneka ragam olahan rotan akan dari kursi, meja, keranjang, hiasan, hingga aneka mainan anak yg warna-warni selama tiga hari ke depan.

Rencananya kursi yg sudah berdiri tersebut pada Bulan Mei mendatang mulai diarak dan ditaruh di pinggir jalan pantura. “Kalau tak di depan pintu tol, kursi ini mulai ditaruh di Taman Weru,” pungkas Djarso. (wsw/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/14/160615/3446634/1519/ikon-pariwisata-baru-cirebon-kursi-rotan-raksasa-setinggi-12-meter
Terima kasih sudah membaca berita Ikon Pariwisata Baru Cirebon, Kursi Rotan Raksasa Setinggi 12 Meter!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ikon Pariwisata Baru Cirebon, Kursi Rotan Raksasa Setinggi 12 Meter!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.