Hutan Unik Di Pelawan Punya Madu Dan Jamur Berharga Jutaan Rupiah

Berikut artikel Hutan Unik di Pelawan Punya Madu dan Jamur Berharga Jutaan Rupiah, Semoga bermanfaat

Jakarta – Hutan Pelawan di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Pulau Bangka terkenal dengan keunikannya. Hutan ini milik madu dan jamur yg harganya sangat mahal.

detikTravel berjalan-jalan ke Hutan Pelawan, Kamis (21/7/2016) sore. Hutan ini milik kayu merah dan unik, serta penghasil madu dengan rasa yg khas.

Namun tidak cuma itu, hutan pelawan juga memiliki jamur yg tidak kalah unik, yakni jamur pelawan. Warga lokal menyebutnya kulat pelawan. Keunikan jamur pelawan adalah harganya yg bombastis, mampu mencapai sejuta rupiah lebih buat setiap kilogramnya. Mungkin inilah jamur termahal di Indonesia.

“Kulat pelawan basah harganya sekitar Rp 800 ribu per kilogram. Kalau kering mampu Rp 1,5 – Rp 2 juta per kilogram. Mungkin memang paling mahal di Indonesia,” kata warga yg juga anggota pengelola hutan pelawan, Kamariah di kawasan Hutan Pelawan, Desa Namanng, Kabupaten Bangka Tengah.


Sayang, sekarang bukan musim jamur (Khafifah/detikTravel)

Menurut Kamariah, jamur pelawan berwarna merah menyala, mirip seperti batang pohon yg ditempelinya. Namun jamur ini cuma tumbuh di musim hujan, ketika cuaca benar-benar lembab. Ketika detikTravel tiba ke sana, tak ada jamur yg sedang tumbuh.

“Tumbuhnya ndak pasti. Asal musim hujan yg setiap hari hujan, tak ada matahari, biasanya baru tumbuh. Ada juga yg percaya, kulat pelawan baru tumbuh setelah hujan deras dan ada petir,” terangnya.

Jamur pelawan cuma tumbuh dalam 1-2 hari. Maka saat telah kelihatan ada jamur di pohon pelawan, warga segera langsung memanennya.

Kamariah menyebut, semua warga Desa Namang yg tergabung dalam kelompok usaha produktif Hutan Pelawan diperbolehkan memanennya. Mereka tak berebut karena ada banyak jamur pelawan yg tumbuh dan mampu dipanen. Kamariah mengaku dapat mendapatkan 2 kg jamur pelawan setiap kali panen.


Madu Pelawan (Khafifah/detikTravel)

“Ndak rebutan, kalian sama-sama nyari. Kalau ndak cepat dimutek (dipetik), kulat ini hancur,” katanya.

Di kalangan warga Bangka, jamur pelawan ini memang terkenal lezat. Mereka biasa memasaknya dengan santan atau dibuat lempah kulat pelawan. Lempah yaitu masakan khas Bangka berupa kuah yg berwarna kuning kunyit dengan rasa yg masam segar.

Bagaimana, tertarik bagi coba sensasi jamur termahal di Indonesia? Datanglah ke Bangka di musim hujan.


Penjual Madu Pelawan (Khafifah/detikTravel)

(aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/22/073604/3258677/1519/hutan-unik-di-pelawan-punya-madu-dan-jamur-berharga-jutaan-rupiah
Terima kasih sudah membaca berita Hutan Unik di Pelawan Punya Madu dan Jamur Berharga Jutaan Rupiah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hutan Unik Di Pelawan Punya Madu Dan Jamur Berharga Jutaan Rupiah"