Hutan Kota, Tempat Ngadem Di Babakan Siliwangi

No comment 57 views

Berikut artikel Hutan Kota, Tempat Ngadem di Babakan Siliwangi, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Mungkin tak banyak yg tahu, kalau Bandung milik hutan kota. Berada di Babakan Siliwangi, ada hutan kota yg hijau dan segar.
Ketika pertama kali hutan kota boleh dikunjungi, aku diceritakan oleh Abah saya. Letaknya di Babakan Siliwangi, kira-kira luasnya 3,8 ha. Lokasinya di tengah kota, malah di Lingkar Siliwangi yg kadang dilewati kendaraan.

Memang tak nampak dari depan kalau di Babakan Siliwangi terdapat hutan kotanya Bandung. Malah hutan kota ini diresmikan sebagai hutan kota dunia pertama di Indonesia (27 September 2011).

Kondisi awalnya sangat baik-baik saja, berbeda apabila Anda kunjungi sekarang ini. Beberapa papan kayu patah, besi hijau penuh coretan, dan kerusakan lainnya.

Sering aku mengunjungi tetiba keadaannya membaik lagi, seperti baru saja dikerjakan pengecatan ulang dan diperbaiki dua kerusakannya. Sayang sekali, padahal aku suka ngadem di sini. Biasanya pagi-pagi masih sepi, beranjak siang dua anak sekolahan nongkrong di sini.

Suasananya masih rindang pohon, dekat dengan SABUGA dan mural sepanjang jalan seberangnya. Biasanya kalau aku mengajak teman ke sini, mereka tak tahu tempatnya.

Heran, padahal di pinggir jalan raya pas tetapi banyak yg tak menyadarinya. Di depannya memang tak ada plang nama yg menjelaskan di sini ada hutan kota sih.

Samar-samar terdengar kicauan burung dan suara alam lainnya. Terlihat juga biru warna kolam renang di SABUGA. Kalau telah agak siang, akan ramai, biasanya aku memilih beranjak saja. Sudah cukup menghirup kesegarannya. Besok-besok masih dapat ke sini lagi.

Saya pernah baca di papan yg ada di Hutan Kota (dulu, namun tak lama papan itu raib), tertulis bahwa di Babakan Siliwangi itu terdapat 48 macam pohon dan 24 macam burung, yg enam di antaranya dilindungi Undang-Undang.

Oh iya, PBB juga mengakui Hutan Kota ini sebagai satu-satunya hutan kota yg ada ketika ini. Tentu saja karena hutan kota ini berperan memasok oksigen untuk masyarakat Bandung.
Lahan seluas 3,8 ha ini adalah area resapan air yg sanggup memasok oksigen bagi 15 ribu jiwa dalam sehari.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/27/103300/3306450/1025/hutan-kota-tempat-ngadem-di-babakan-siliwangi
Terima kasih sudah membaca berita Hutan Kota, Tempat Ngadem di Babakan Siliwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hutan Kota, Tempat Ngadem Di Babakan Siliwangi"