House Of Sampoerna, Museum Yang Sedang Hits Di Surabaya

No comment 100 views

Berikut artikel House of Sampoerna, Museum yang Sedang Hits di Surabaya, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di antara aneka museum di Surabaya, mungkin House of Sampoerna adalah yg paling hits. Di sana Anda mampu mengenal sejarah dari salah sesuatu perusahaan rokok ternama di Indonesia.

House of Sampoerna adalah museum berisi sejarah mengenai PT HM Sampoerna Tbk, perusahaan rokok terbesar di Indonesia yg memiliki arsitektur tinggi. Ditata dengan artistik dan dipadukan dengan berbagai karya seni.

Tentu saja HoS (House Of Sampoerna) berpotensi bagi menjadi salah sesuatu primadona wisata di Kota Surabaya yg menarik pengunjung baik dari dalam dan luar negeri.

Pekan dahulu aku coba jalan-jalan di sekitar kota Surabaya, yg lagi ngehits ketika ini salah satunya adalah House Of Sampoerna. Ya, merk kretek legendaris yg terletak di Jalan Taman Sampoerna, di pusat kota Surabaya. Cukup 10 menit saja berkendara dari Tugu Pahlawan.

Lokasinya tak sulit ditemukan, berada di Jalan Taman Sampoerna No. 6. Tidak ada biaya masuk buat ke museum ini alias gratis. Sampai di sana pun ada pemandu museum yg menjelaskan kepada aku tentang seluk beluk dan sejarah museum ini.

Pertama kali masuk tentu saja yg terasa adalah aroma tembakau dan cengkeh yg baunya merebak ke semua ruangan. Ternyata di dalamnya ada replika warung sederhana yg dimiliki oleh pendirinya dulu, berisi tembakau dan cengkeh pilihan dari nusantara.

Di dalam HoS banyak berisi berbagai jenis produk Sampoerna dari zaman dahulu hingga sekarang, dan berbagai jenis pemantik api yg unik. Banyak juga display karya seni para seniman, foto-foto pabrik zaman lalu dan foto jajaran direksi PT HM Sampoerna dari masa ke masa.

Masuk ke dalam ada dua ornamen jaman dahulu seperti kereta kuda, sepeda antik dan ada juga display baju dan peralatan marching band. Katanya, marching band yg dibina oleh Sampoerna ini dulunya sangat berprestasi, nasional maupun internasional. Hingga toko souvenir yg terletak di lantai 2.

Nah, dari lantai 2 ini kalian dapat melihat tempat produksi rokok zaman lalu dengan peralatan bagi membuat lintingan rokok tersebut yg kala itu dikerjakan oleh kurang lebih 2.500 wanita. Sekarang telah tak digunakan lagi namun masih dirawat dengan rapi dan bersih.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/30/163500/3264275/1025/house-of-sampoerna-museum-yang-sedang-hits-di-surabaya
Terima kasih sudah membaca berita House of Sampoerna, Museum yang Sedang Hits di Surabaya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "House Of Sampoerna, Museum Yang Sedang Hits Di Surabaya"