“Homestay” Di Dieng Habis Dipesan Wisatawan

No comment 140 views

Berikut artikel “Homestay” di Dieng Habis Dipesan Wisatawan, Semoga bermanfaat

PURWOKERTO, KOMPAS.com – Ratusan homestay di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng khususnya Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, habis dipesan wisatawan menjelang tahun baru.

“Berdasarkan pantauan kami, homestay yg di Dieng Kulon yg sudah pesan sekitar 90 persen, mungkin hari ini habis. Kalau di desa lain, kita belum memantaunya,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Faozi ketika dihubungi dari Purwokerto, Jumat (30/12/2016).

Bahkan, menurut Alif, banyak wisatawan yg tiba namun belum memperoleh homestay.

(BACA: Liburan ke Dieng? Jangan Lupa Berfoto di Tembok Ini)

Oleh karena itu rumah-rumah warga yg belum dijadikan homestay namun dinilai layak sudah disiapkan bagi menampung wisatawan yg mulai menginap.

“Peningkatan pemesanan homestay akan terjadi sejak tanggal 24 Desember atau menjelang Hari Natal. Kebanyakan wisatawan yg tiba berasal dari Jakarta,” katanya.

Lebih lanjut, Alif menyampaikan di Desa Dieng Kulon ketika ini terdapat 160 homestay yg secara keseluruhan menyediakan sekitar 480 kamar, sedangkan di desa lainnya selalu berkembang.

Menurut dia, harga sewa kamar berkisar Rp 150.000 hingga Rp 350.000 per hari sesuai fasilitas yg disediakan.

“Akan tapi selama liburan akhir tahun, harga sewa rata-rata naik sebesar Rp 50.000,” katanya.

KOMPAS/ANASTASIA JOICE Kawah Sikidang, terus mengeluarkan asap dan bau belerang.

Disinggung mengenai kegiatan buat menyambut tahun baru, Alif menyampaikan Karang Taruna Desa Dieng Kulon bekerja sama dengan Pokdarwis Dieng Pandawa serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara sudah menyiapkan serangkaian acara.

Menurut Alif, pada Sabtu (31/12/2016) pagi mulai ada pergelaran seni tradisional dan malam harinya musik akustik. “Biasanya wisatawan mulai menyalakan kembang api sehingga mulai terlihat meriah,” katanya.

Alif mengharapkan keadaan cuaca di KWDT Dieng pada malam pergantian tahun tak hujan. “Kebetulan sejak tadi malam turun hujan. Padahal, dalam dua hari terakhir cerah,” katanya.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/30/132500727/.homestay.di.dieng.habis.dipesan.wisatawan
Terima kasih sudah membaca berita “Homestay” di Dieng Habis Dipesan Wisatawan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "“Homestay” Di Dieng Habis Dipesan Wisatawan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.