Hingga Desember, Lebih Dari 1,5 Juta Wisman Kunjungi NTB

No comment 117 views

Berikut artikel Hingga Desember, Lebih dari 1,5 Juta Wisman Kunjungi NTB, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Lebih dari 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2016. Jumlah tersebut dianggap sudah melampaui target kunjungan wisman Nusa Tenggara Barat tahun ini.

“Target tahun 2016 itu 1,5 juta (wisman) telah terlampaui,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Faozal kepada wartawan seusai acara Launching Calender of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/12/2016).
 
BACA JUGA: Tradisi Perang Topat, Simbol Keharmonisan Islam dan Hindu di Lombok
 
Ia menyampaikan jumlah kunjungan wisman tersebut terhitung pada tanggal 1 Desember 2016. Hasil tersebut berdasarkan perhitungan dari lembaga survei independen punya Jerman Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan Badan Pusat Statistik (BPS).
 
“Itu dihitung dari lima pintu masuk ke Lombok. Pertama ada Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Senggigi, Pelabuhan Sape (Bima, Sumbawa), Pelabuhan Lembar (Lombok). Dermaga  yg mensuplai Bangsal, Senggigi, dan juga Teluk Nare sebagai pintu masuk ke tiga gili. Paling banyak melalui Pelabuhan Senggigi sebagai titik akses menuju Lombok, ” jelasnya.
 
Faozal menyampaikan prosentase wisman terbesar tiba dari negara Malaysia dan Australia. Sementara posisi ketiga tiba dari Eropa dan Asia.
 
BACA JUGA: Ayam Plecing di Lombok Ini Memang Mantap!
 
“Turis Australia, mereka cuma transit di Bali. Maka dari itu penerbangan itu masuk ke Bali, tapi mereka telah segera connecting ke Lombok. Penerbangan enam kali dari Bali – Lombok dengan beberapa kali Boeing yg 737-800 itu kemudian empat ATR itu penuh. Makanya digunakan fast boat yg digunakan shift ke pintu masuk tiga gili,” tambah Faozal.
 
Ia menyampaikan buat wisatawan yang berasal negara Asia yg berlibur ke Lombok rata-rata tinggal selama 3-4 malam. Sementara wisatawan Australia tinggal selama 5-6 hari.
 
Sebelumnya, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat memutuskan target kunjungan 1,5 juta wisman bagi tahun 2016. Hal itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Nusa Tenggara Barat.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/16/150700427/hingga.desember.lebih.dari.1.5.juta.wisman.kunjungi.ntb
Terima kasih sudah membaca berita Hingga Desember, Lebih dari 1,5 Juta Wisman Kunjungi NTB. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hingga Desember, Lebih Dari 1,5 Juta Wisman Kunjungi NTB"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.