Hebat! Pasar Tradisional Ini Ada “Valet Parking” Khusus Motor

Berikut artikel Hebat! Pasar Tradisional Ini Ada “Valet Parking” Khusus Motor , Semoga bermanfaat

SURAKARTA, KOMPAS.com — Saat pergi ke pusat perbelanjaan di mal atau restoran, layanan valet parking mungkin lazim ditemui. Namun, bagaimana seandainya Anda menemukan layanan antar jemput kendaraan itu di sebuah pasar tradisional?

Adalah Pasar Gede Hardjonagoro di Solo yg memiliki layanan valet parking khusus buat motor. Ketika ingin masuk ke dalam Pasar Gede Solo melalui pintu penting sebelah barat, Anda mulai melihat plang besi biru bertuliskan “valet parking“.

Petugas parkir Pasar Gede dahulu mulai menghampiri bagi menawarkan jasa valet parking bagi motor. Motor Anda dahulu mulai dibawa ke area parkir sisi utara Pasar Gede dekat pasar buah.

Nah, dahulu bagaimana seandainya Anda ingin mengambil motor seusai berbelanja di Pasar Gede? Petugas parkir mulai menghubungi rekan yg menjaga area parkir sisi selatan pasar memakai handy talkie (HT) dengan menyebutkan nama pemilik motor dan nomor pelat kendaraan.

Seorang petugas parkir yg yaitu pencetus ide valet parking di Pasar Gede, Suparno (50), mengatakan, jasa parkir ini akan dijalankan pada tanggal 5 Januari 2016 lalu. Layanan ini ia lakukan karena larangan parkir di trotoar yg sudah lama dijalankan, dan karena sepinya pendapatan di area parkir baru.

“Saya pikir kan kalau di hotel atau mal kan milik valet parking. Lalu aku mencoba di pasar tradisional. Kenapa kok di pasar tradisional gak ada? Eh ternyata bisa,” kata Suparno kepada KompasTravel ketika ditemui di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016) lalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Petugas parkir menaiki motor pengguna jasa “Valet Parking” buat diparkirkan di area sisi utara Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016) siang. Layanan “Valet Parking” akan hadir di dekat pintu masuk Pasar Gede pada tanggal 5 Januari 2016.

Suparno menyebut, ia juga terinspirasi dari tayangan televisi yg ia tonton. Suparno mengatakan, ia kali pertama melihat layanan valet parking dalam tayangan sinetron.

“Kali pertama, ada layanan valet parking, banyak yg tanya, ‘Kok begini parkirnya?’ Saya jelaskan, sekarang parkirnya telah gak boleh di trotoar. Lalu aku arahin,” ujarnya.

Pada awal penerapan, layanan parkir juga sempat mendapat reaksi penolakan dari pengendara motor yg ingin parkir. Suparno menuturkan, biasanya orang-orang yg menolak tersebut bukanlah pelanggan Pasar Gede.

“Langganan di penjual pasar kan telah kenal sama saya. Jadi motornya ditaruh semua. Saya di sini telah parkir 40 tahun, zaman kendaraan yg parkir di Pasar Gede masih sepeda sama Vespa,” ujarnya.

Pengamat perkotaan dari Universitas Indonesia, Muhammad Azis Muslim, mengatakan, layanan valet parking buat motor ini tergolong inovasi yg menarik. Menurut dia, layanan valet parking di pasar tradisional tersebut cuma ada di Indonesia.

“Saya rasa sebuah inovasi yg menarik mesti diperhatikan juga aspek sekuritinya. Hal yg tak gampang buat diterapkan terkait kepercayaan antara petugas parkir dan pemilik kendaraan,” kata Muslim kepada KompasTravel ketika dihubungi, Jumat (22/7/2016) lalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Petugas parkir di Pasar Gede Hardjonagoro yg yaitu pencetus ide layanan “Valet Parking” tengah berkomunikasi memakai Handy Talkie (HT) dengan petugas yang lain pada Jumat (22/7/2016) siang. Layanan “Valet Parking”, Suparno cetuskan di dekat pintu masuk Pasar Gede pada tanggal 5 Januari 2016.

Muslim mengatakan, adanya layanan valet parking di pasar tradisional mulai memudahkan para pengguna jasa parkir. Selain itu, lanjutnya, ini juga dapat mempermudah penataan parkir karena ada simbiosis mutualisme antara petugas parkir dan pengguna kendaraan.

Salah sesuatu pengguna jasa valet parking di Pasar Gede, Ambar, merasa terbantu dengan adanya layanan valet parking. Ia sendiri yaitu pelanggan jasa parkir tersebut.

“Enak, kalian tinggal taruh motor, dan motor dianterin. Kita gak perlu jalan kaki dari tempat parkir ke Pasar Gede,” kata Ambar kepada KompasTravel.

Layanan valet parking di Pasar Gede hadir pada pukul 06.00-18.00 WIB dan bertarif Rp 2.000. Terdapat hampir 12 petugas parkir yg menjalankan jasa ini akan dari pagi hingga sore hari.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/25/131800827/hebat.pasar.tradisional.ini.ada.valet.parking.khusus.motor.
Terima kasih sudah membaca berita Hebat! Pasar Tradisional Ini Ada “Valet Parking” Khusus Motor . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hebat! Pasar Tradisional Ini Ada “Valet Parking” Khusus Motor"