Hanya Untuk Pemberani! Ini 5 Tempat Wisata Pemacu Adrenalin Di Yogyakarta

Berikut artikel Hanya untuk Pemberani! Ini 5 Tempat Wisata Pemacu Adrenalin di Yogyakarta, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Lupakan sejenak dua destinasi mainstream di Kota Yogyakarta. Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Alun-alun Selatan memang wajib dikunjungi, tapi kali ini, cobalah mengunjungi wilayah yang lain di DI Yogyakarta bagi berwisata adrenalin.

Jangan salah, meskipun terkenal oleh kuliner dan budayanya, DI Yogyakarta juga milik sederet tempat wisata seru bagi para pemberani. Dihimpun KompasTravel, berikut daftarnya.

Pantai Timang

DI Yogyakarta milik sederet pantai di bagian pesisir selatan. Salah satunya, yakni Pantai Timang, milik “gondola” tradisional yg terbuat dari kayu dan bambu.

Flying Fox Tradisional di Pantai Timang Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta.

Pada awalnya, gondola ini dibuat manual oleh masyarakat setempat buat menyeberang ke pulau karang di dekat pesisir pantai. Warga lokal menyeberangi perairan naik gondola tersebut, menangkap aneka hasil laut terutama lobster, kemudian kembali ke daratan memakai gondola yg sama. 

Kini, pengunjung mampu mengalami adrenaline rush yang dirasakan masyarakat setempat saat menyeberangi perairan pantai selatan Jawa. Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Parangkusumo

Beda pantai, beda lagi pengalaman yg disuguhkan buat pengunjung. Jika Pantai Timang milik “gondola” ekstrem, Pantai Parangkusumo yg terletak di Bantul milik “gumuk pasir” alias padang pasir.

Di gumuk pasir inilah wisatawan dapat coba sandboarding. Pada dasarnya sandboarding hampir mirip dengan skateboarding. Namun papannya tak memiliki roda, dan dikerjakan di gundukan pasir setinggi 5-7 meter. 

Pantai Parangkusumo terletak di Kecamatan Kretek, Bantul. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Parangtritis yg terkenal.

Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Ini adalah goa vertikal yg cuma mampu dimasuki dengan Single Rope Technique (SRT). Namun, pemandangan ray of light terutama pada pagi hari di Goa Jomblang menjadi incaran wisatawan dan tentunya fotografer.

BARRY KUSUMA Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Goa berdiameter 50 meter ini juga memiliki sejarah yg cukup kelam. Sekitar 1970-1980, gua ini digunakan sebagai lokasi pembunuhan massal anggota PKI.

Oleh karena sulitnya medan dan cerita angker, tidak sedikit wisatawan yg akhirnya mengurungkan niat buat memasuki gua ini. Hanya orang-orang pemberani yg mau masuk ke gua ini!

Merapi Lava Tour

Gunung Merapi yg terakhir kali meletus pada 2010 sudah menelan ratusan korban jiwa. Lanskap alam dan ekosistem gunung tersebut pun tidak pelak berubah drastis. Meski begitu, gunung ini kembali digandrungi wisatawan karena adanya Merapi Lava Tour.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengendarai mobil jip ketika mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (17/5/2013). Wisata mengunjungi daerah bekas aliran lava erupsi Merapi ini dipungut biaya Rp 300.000 – Rp 500.000 per trip.

Pada dasarnya, ini adalah tur off road naik jeep atau motorcross melintasi aliran lahar beku di Gunung Merapi. Anda mulai dibawa naik-turun bukit dengan pemandangan Kali Kuning dan melewati dua peninggalan sejarah.

Anda mulai diajak mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan, sang juru kunci Gunung Merapi. Anda juga mulai mampir ke Museum Sisa Hartaku, yg memajang aneka barang-barang peninggalan masyarakat setempat ketika diterjang awan panas ketika Merapi meletus terakhir kali. 

Pantai Siung

Jika Pantai Timang milik “gondola” dan Pantai Parangkusumo milik gumuk pasir, Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul milik tebing karang yg terkenal hingga mancanegara. Di tebing ini, tidak jarang diadakan kompetisi panjat tebing baik tingkat nasional maupun internasional.

Tebing karang di Pantai Siung memiliki lebih dari 250 jalur pemanjatan sesuai kemampuan kita, akan dari beginner hingga professional. Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Nah, ingin merasakan serunya salah sesuatu aktivitas pemacu adrenalin di atas secara gratis? Nantikan kuis “Take Me Anywhere 2” yg diadakan KompasTravel bersama Oppo.

Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam. Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone Oppo F1s.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/09/11/190900427/hanya.untuk.pemberani.ini.5.tempat.wisata.pemacu.adrenalin.di.yogyakarta
Terima kasih sudah membaca berita Hanya untuk Pemberani! Ini 5 Tempat Wisata Pemacu Adrenalin di Yogyakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hanya Untuk Pemberani! Ini 5 Tempat Wisata Pemacu Adrenalin Di Yogyakarta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.