Hampir Punah, Seperti Ini Rumah Asli Rusia

No comment 20 views

Berikut artikel Hampir Punah, Seperti Ini Rumah Asli Rusia, Semoga bermanfaat

Cherevkovo – Banyak traveler yg tak tahu bagaimana bentuk rumah dengan arsitektur asli Rusia. Deretan rumah yg hampir punah ini dapat dilihat di Arkhangelsk, Rusia.

Jika dua daerah di Indonesia milik rumah adat dengan bentuk yg khas, seperti Joglo dari Jawa Tengah atau Honai dari Papua, begitu pula dengan negara Rusia. Ada komplek perumahan yg dipercayai sebagai rumah dengan arsitektur asli Rusia yg usianya telah mencapai ratusan tahun.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Senin (20/3/2017), deretan rumah-rumah antik ini berada di pedesaan Cherevkovo, di dekat kawasan Arkhangelsk yg berjarak sekitar 993 Km dari Moskow, atau kurang lebih dapat ditempuh dengan waktu 12 jam perjalanan darat.

Letaknya memang sangat jauh dari ibukota Rusia, namun justru di sinilah terletak pesona bangunan bersejarah dengan arsitektur yg indah tersebut tersembunyi. Rumah-rumah antik ini seluruhnya terbuat dari kayu, bukan dari bata seperti rumah kebanyakan sekarang.

Rumah tradisional dengan arsitektur khas Rusia (Maxim Shemetov/Reuters)Rumah tradisional dengan arsitektur khas Rusia (Maxim Shemetov/Reuters)

Salah sesuatu rumah dengan arsitektur unik ini punya warga Cherevkovo bernama Tatyana. Rumah Tatyana telah berusia 120 tahun lebih. Rumah ini dulunya dibangun buat keluarga pedagang bernama Gusev. Sayang, keluarga Gusev mesti terusir dari rumah mereka sendiri selama Revolusi Rusia terjadi pada tahun 1917.

Sementara itu, rumah lainnya dihuni oleh warga bernama Nina Vasilevna. Nina juga tinggal di rumah yg dulunya punya keluarga Gusev. Nina telah tinggal di rumah tersebut selama kurang lebih 64 tahun.

Meski fisik luar bangunan rumah masih sangat bagus, hiasan-hiasan serta ukirannya masih cantik, namun rumah-rumah ini butuh perbaikan di sana-sini.

“Semua yg ada di sini butuh diperbaiki, namun tak ada orang di sini yg milik uang bagi itu,” ujar Nina.

Cantik, namun perlu banyak perbaikan (Maxim Shemetov/Reuters)Cantik, namun perlu banyak perbaikan (Maxim Shemetov/Reuters)

Rumah dengan arsitektur asli Rusia ini milik ciri khas yg membuatnya mampu dibedakan dengan rumah-rumah modern. Yang paling kentara adalah adanya jendela-jendela kaca yg berderet di sisi samping rumah.

Jendela-jendela kaca ini dihiasi oleh ukiran kayu dengan pola yg rumit tetapi cantik. Warna jendela pun dicat kontras dengan warna rumah, seperti putih dan juga perpaduan warna lain. Perpaduan arsitektur inilah yg membuatnya sangat unik.

Jendela kaca penuh ukiran dan ornamen di rumah asli Rusia (Maxim Shemetov/Reuters)Jendela kaca penuh ukiran dan ornamen di rumah asli Rusia (Maxim Shemetov/Reuters)

Namun layaknya rumah yg terbuat dari kayu pada umumnya, musuh penting dari rumah antik ini adalah cuaca dan waktu. Lama-kelamaan, rumah mulai rapuh dan butuh perbaikan di sana-sini.

Beberapa rumah antik ini malah ditinggalkan begitu saja oleh para pemiliknya akibat mengalami kerusakan, atau pemilihnya memilih berurbanisasi ke kota dan meninggalkan rumah pedesaan mereka.

Alexander Morozov, Direktur Museum lokal di Kota Borovsk pun prihatin mulai fenomena ini. Padahal menurut Alexander, rumah-rumah bearsitektur otentik Rusia ini patut dipertahankan dan dijadikan cagar budaya.

“Kualitas pengerjaan rumah, dan skill dari tukang kayu pembuatnya amatlah mengagumkan. Rumah-rumah kayu ini seperti terbuat dari Lego. Sangat tak mungkin rumah seperti ini dibangun tanpa memakai paku. Padahal kenyataannya, rumah ini mampu dibangun dan dipindahkan dalam waktu sekejap. Paku sama sekali tak dibutuhkan,” ungkap Morozov.

Rumah asli Rusia dibangun tanpa paku (Maxim Shemetov/Reuters)Rumah asli Rusia dibangun tanpa paku (Maxim Shemetov/Reuters)

Sungguh amat disayangkan, bila rumah-rumah dengan arsitektur asli Rusia yg telah ada selama 100 tahun lebih ini sampai punah. Padahal, rumah-rumah ini sebagai bukti dan saksi sejarah majunya kebudayaan rakyat Rusia di zaman tersebut.

Yang paling menyedihkan lagi dari warga-warga yg masih tinggal di rumah antik ini adalah, mereka mengganti jendela-jendela dengan ukiran keren tersebut dengan jendela plastik yg lebih sederhana.

“Bahkan, diubah statusnya sebagai monumen pun tak mulai mampu menolong karya seni masterpiece kuno Rusia yg sedang sekarat ini,” tutup Morozov.

Rumah arsitektur Rusia yg makin terabaikan (Maxim Shemetov/Reuters)Rumah arsitektur Rusia yg makin terabaikan (Maxim Shemetov/Reuters)

(wsw/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/20/083434/3451060/1520/hampir-punah-seperti-ini-rumah-asli-rusia
Terima kasih sudah membaca berita Hampir Punah, Seperti Ini Rumah Asli Rusia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hampir Punah, Seperti Ini Rumah Asli Rusia"