Hamparan Indah Bunga Verbena Yang Hiasi Jalur Pendakian Semeru

Berikut artikel Hamparan Indah Bunga Verbena yang Hiasi Jalur Pendakian Semeru, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kamu yg pernah mendaki Gunung Semeru pasti pernah melihat hamparan bunga berwarna ungu. Itu bukanlah bunga Lavender, melainkan bunga Verbena yg indah.

Sebagian orang salah mengira dan menyebutnya sebagai bunga lavender, padahal sebenarnya tanaman perdu ini memiliki nama ilmiah Verbena brasiliensis Vell. Tanaman ini bukanlah asli Indonesia, melainkan berasal dari Amerika Selatan, khususnya Brasil.

Tanaman ini bersifat invasif dan dapat membahayakan keseimbangan ekosistem Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Walaupun demikian, pesona hamparan bunga-bunga ungu yg banyak ditemui di kawasan Oro-Oro Ombo ini tetap menjadi daya tarik tersendiri di jalur pendakian Gunung Semeru.

Untuk menemukan bunga ini membutuhkan perjuangan, Anda harus menempuh trek pendakian dari Ranu Pani dengan melewati 4 pos peristirahatan yg mampu ditempuh dalam waktu 4-6 jam hingga Ranu Kumbolo. Setelah itu, Anda harus melintasi Tanjakan Cinta dari area perkemahan dekat shelter Ranu Kumbolo.

Setelah sukses mendaki tanjakan legendaris tersebut, Anda mulai dimanjakan dengan hamparan padang rumput nan luas yg dikelilingi pegunungan. Nampak kelihatan butiran-butiran ungu di kejauhan yg yaitu sebaran tanaman Verbena yg sedang berbunga. Pesona tanaman ini begitu memanjakan mata dan menjadi pengobat lelah setelah pendakian Tanjakan Cinta yg cukup menguras tenaga.

Untuk melihat pesona bunga-bunga ungu ini dari dekat, Anda harus menuruni turunan yg cukup curam. Perlu kehati-hatian ekstra bagi melewati turunan itu. Salah-salah anda dapat tergelincir dan cedera.

Setelah melewati turunan, Anda mampu melihat bunga Verbena ini dari dekat. Seketika itu pula, Anda mulai menyadari kekeliruan sebagian orang yg menyebutnya lavender. Struktur kedua bunga tersebut sangatlah berbeda apabila dilihat dari dekat.

Tak diketahui bagaimana asal-muasal tanaman ini dapat sampai ke Gunung Semeru. Verbena brasiliensis Vell memang mampu dengan cepat menyebar hampir di segala belahan dunia di luar habitat aslinya. Kecepatan persebaran tanaman asing ini bisa menghambat keberlangsungan hidup tanaman asli karena sifatnya yg menyerap banyak air.

Dalam setiap briefing pendakian Gunung Semeru, relawan senantiasa menjelaskan bahwa tanaman ini diperbolehkan bagi dipetik sehingga mampu menghambat pertumbuhan dan persebarannya, namun dengan catatan tak boleh tercecer. Bahkan apabila memiliki niat tulus menjaga keseimbangan ekosistem, pendaki diperkenankan buat mencabut tanaman tersebut sampai ke akar-akarnya.

Walaupun demikian, masih saja ada pendaki yg lalai membiarkan bunga Verbena yg telah dipetik tercecer di luar kawasan Oro-Oro Ombo. Tak heran seandainya tanaman ini mampu ditemui di area yang lain Gunung Semeru, seperti Ranu Kumbolo, Cemoro Kandang, dan Jambangan akibat kelalaian tersebut.

Bunga-bunga ungu ini memang mudah layu sehingga tidak jarang pendaki membuang begitu saja bunga yg telah dipetiknya. Sudah seharusnya pendaki menjaga keseimbangan ekosistem dengan tak membuang bunga ini sembarangan karena sifatnya yg invasif dan tumbuh menyebar dengan cepat di berbagai area.

Bagi Anda yg penasaran ingin melihat pesona bunga ini dari dekat mampu segera melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Ada baiknya bagi tiba di musim hujan karena ketika itu bunga Verbena tumbuh subur dan mampu menjadi lokasi yg menarik bagi berburu foto atau sekedar ber-selfie ria. Ingat terus buat tak mencecerkan bunga yg telah dipetik ya!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/14/091400/3381576/1025/hamparan-indah-bunga-verbena-yang-hiasi-jalur-pendakian-semeru
Terima kasih sudah membaca berita Hamparan Indah Bunga Verbena yang Hiasi Jalur Pendakian Semeru. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hamparan Indah Bunga Verbena Yang Hiasi Jalur Pendakian Semeru"