Gurih Dan Pedas! Inilah Babat Gongso, Kuliner Khas Semarang

No comment 151 views

Berikut artikel Gurih dan Pedas! Inilah Babat Gongso, Kuliner Khas Semarang , Semoga bermanfaat

BANTUL, KOMPAS.com – Jarak antara Yogyakarta dan Semarang tidaklah terlalu jauh, cuma sekitar 125 kilometer. Tetapi tak banyak yg menjual makanan khas Semarang, seperti tahu gimbal dan gongso babat, di Yogyakarta.

Meski demikian di Yogyakarta ini terdapat dua tempat makan yg menjual makanan bercita rasa khas Semarang, seperti rumah makan Babat Gongso Semarang.

Sesuai dengan namanya, tempat makan yg berada di Dusun Soragan, Kelurahan Ngestiharjo, Kabupaten Bantul ini, menjadikan menu babat gongso khas Semarang sebagai menu utamanya.

Adalah Dian Megantara (28), yg memiliki ide buat berjualan babat gongso di Yogyakarta. “Selama ini masih sedikit yg berjualan babat gongso di Yogyakarta. Jadi aku melihat ini menjadi peluang, dengan menjual babat gongso yg rasanya benar-benar khas Semarang,” ujar laki-laki yg akrab disapa Dian tersebut.

Dorongan berjualan makanan yg sesuatu ini semakin besar karena istri juga berasal dari Semarang.

Meskipun menjajakan makanan tradisional, rumah makan yg setiap harinya buka dari pukul 11.00 hingga 21.00 ini didesain modern minimalis dengan dominasi warna putih.

Melihat daftar menu yg ada, terdapat dua varian babat gongso yg disediakan. Mulai dari babat gongso, babat pete gongso, babat iso telur gongso, babat paru gongso, dan dua varian lainnya. Semua varian tersebut dimasak dengan bumbu yg sama.

Saat mencicipi babat gongso telur, bumbunya sangat terasa. “Untuk bumbu intinya yg digunakan adalah bawang merah, bawang putih, dan cabai,” jelas Dian.

Babat yg dimasak dengan beragam bumbu dengan tambahan telur menghasilkan perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Terdapat tambahan acar mentimun dan kubis yg membuat hidangan ini semakin segar.

Selain babat gongso, terdapat dua menu lainnya mi goreng, mi rebus, nasi goreng. Untuk menu-menu ini juga dimasak dengan tambahan jeroan daging sapi.

Untuk persoalan harga, anda tak usah khawatir. Karena dengan Rp 10.000 pengunjung telah dapat menikmati nasi babat gongso. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/04/142500627/Gurih.dan.Pedas.Inilah.Babat.Gongso.Kuliner.Khas.Semarang.
Terima kasih sudah membaca berita Gurih dan Pedas! Inilah Babat Gongso, Kuliner Khas Semarang . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Gurih Dan Pedas! Inilah Babat Gongso, Kuliner Khas Semarang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.