Gong Nekara Jantan Dan Betina Yang Konon Terpisah Di 2 Negara

Berikut artikel Gong Nekara Jantan dan Betina yang Konon Terpisah di 2 Negara, Semoga bermanfaat

Kepulauan Selayar – Kepulauan Selayar milik ikon yg sungguh. Ada gong nekara perunggu jantan, yg konon terpisah dengan gong nekara betina di negara lain.

Kepulauan Selayar seakan tidak ada habisnya dengan yg namanya peninggalan sejarah. Kali ini ada gong nekara perunggu yg jadi salah sesuatu ikon dari kepulauan tersebut.

Menurut sejarah, gong nekara perunggu ada 2 macam merupakan jantan dan betina. Yang jantan berada di Selayar, sedangkan betinanya diklaim berada di China.

Gong nekara berbentuk dandang terbalik dan memiliki dua ornamen. Di antaranya ada motif gajah, bangau, katak, ikan, pohon sirih hingga simbol matahari.

Gong Nekara Jantan & Betina yg Konon Terpisah di 2 NegaraFoto: (Esty/detikTravel)

Masing-masing dari ornamen tersebut memiliki filosofi sendiri. Motif gajah artinya hubungan antara manusia dan hewan harus memiliki keseimbangan. Sedangkan katak memiliki lambang kesuburan.

Tak cuma nekara perunggu, Kepulauan Selayar juga memiliki dua ikon lainnya. Beberapa di antaranya adalah meriam kuno dan jangkar raksasa.

Gong Nekara Jantan & Betina yg Konon Terpisah di 2 NegaraFoto: (Esty/detikTravel)

Gong Nekara Jantan & Betina yg Konon Terpisah di 2 NegaraFoto: (Esty/detikTravel)

Menariknya, meriam kuno dan jangkar raksasa ini ternyata berhubungan dengan etnis Tionghoa. Meriam kuno dan jangkar raksasa yaitu peninggalan dari Baba Desan dan Gowa Liong Hui, saudagar keturunan China yg tiba ke Selayar.

Meriam kuno dan jangkar raksasa tersebut tentu menjadi peninggalan bersejarah yg harus kalian jaga, sebagai bukti kejayaan di masa lampau.

Berikut video wisata ke Kepulauan Selayar dan melihat segera gong nekara perunggu:

(krn/krn)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/29/123000/3357476/1519/gong-nekara-jantan–betina-yang-konon-terpisah-di-2-negara
Terima kasih sudah membaca berita Gong Nekara Jantan dan Betina yang Konon Terpisah di 2 Negara. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Gong Nekara Jantan Dan Betina Yang Konon Terpisah Di 2 Negara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.