Goa Liang Kamoi, Daya Tarik Yang Masih Tersembunyi Di Buton

No comment 180 views

Berikut artikel Goa Liang Kamoi, Daya Tarik yang Masih Tersembunyi di Buton , Semoga bermanfaat

BUTON, KOMPAS.com – Udara sejuk dan dingin begitu terasa saat hendak memasuki sebuah goa yg terletak di Kelurahan Wangkangka, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Di dalam goa ini, tidaklah gelap gulita melainkan terang benderang. Bagian tengah goa agak luas dan terdapat dua pohon besar tumbuh diatas bebatuan. Bagian tengah goa terbuka sehingga sinar matahari.

Di sekeliling dinding goa terdapat dua liang besar dan mempunyai bentuk yg unik.

“Masyarakat sini menyebut goa ini dengan sebutan Goa Liang Kamoi. Biasanya kalau ada yg lewat di sini segera singgah lihat-lihat,“ kata seorang warga sekitar, Wayati (46), Sabtu (25/6/2016).

Di dalam goa terdapat beberapa liang yg besar, dan di dalam liang terdapat tetesan air yg keluar secara perlahan-lahan dari balik batu. Sementara itu, terdapat dua stalaktit yg menghiasi langit-langit Liang yg besar.

Selain itu juga terdapat dua stalakmit yg tumbuh dari atas bebatuan seakan-akan menyambut datangnya tetesan air dari atas.

“Saya tak tahu apakah dulu goa ini milik sejarah atau tidak. Goa seperti milik daya tarik buat dilihat walaupun cuma sebentar saja,” tuturnya.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Pohon besar yg hidup di tengah Goa Liang Kamoi di Kelurahan Wangkangka, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Lokasi Goa Liang ini tepatnya berada di pinggir jalan raya, sehingga para pengunjung yg lewat di jalan tersebut biasanya segera singgah cuma bagi melihat goa tersebut.

Selain itu, bagian depan goa terdapat lembah persawahan punya penduduk.

“Dari atas sini pemandangan ke bawah bagus. Biasanya sore-sore banyak anak muda nongkrong di depan goa cuma buat menikmati pematangan sawah dari jauh,” ujar Wayati.

Goa ini masih alami dan belum ditata dengan baik, sehingga bagi masuk ke dalam goa belum diberlakukan biaya tiket masuk. Untuk menuju ke goa ini, jaraknya cuma sekitar beberapa jam dari Kota Baubau. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/26/095600527/Goa.Liang.Kamoi.Daya.Tarik.yang.Masih.Tersembunyi.di.Buton.
Terima kasih sudah membaca berita Goa Liang Kamoi, Daya Tarik yang Masih Tersembunyi di Buton . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Goa Liang Kamoi, Daya Tarik Yang Masih Tersembunyi Di Buton"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.