Goa Gong Di Pacitan Yang Memukau

No comment 166 views

Berikut artikel Goa Gong di Pacitan yang Memukau, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kota Pacitan di Jawa Timur dikenal sebagai kota 1.000 goa. Salah sesuatu yg paling cantik dan milik pemandangan memukau adalah Goa Gong. Yuk, ke sini!

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Goa ini menyimpan misteri dan keunikannya tersendiri, sehingga dikenal sebagai goa terindah se-Asia Tenggara.

Keindahan Goa Gong terletak dari stalaktit dan stalagmit yg menghiasai sepanjang lorong goa yg sudah berumur ratusan tahun. Kedalaman Goa Gong sepanjang 256 meter, dengan lebar 15-40 meter, dan tinggi antara 20-30 meter. Mulut goa berupa lorong pendek yg juga penuh dengan stalaktit dan stalagmit.

Stalaktit dan stalagmit ini mulai terus mengalami pertumbuhan memanjang melalui proses alami akibat reaksi oksidasi (reaksi kimia antara udara dengan air), dengan rata-rata pertumbuhannya berkisar antara 0,1 sampai 0,13 mm per tahun.

Setelah memasuki lorong goa, kami mulai menyusuri anak tangga. Namun kalian pun harus hati-hati karena anak tangganya yg licin akibat tetesan air dari stalaktit.   Di dalam Goa kami mulai menyaksikan berbagai pemandangan ‘gong cave’, shawl drappery, rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yg membentuk laksana danau kecil.

Pilar-pilar stalagmit tumbuh menjulang tinggi dan kelihatan saling bertumpuk, menyuguhkan panorama ukiran batuan yg hidup bersama dengan tetesan air yg tidak pernah kering. Pemberian lampu warna warni di sepanjang Goa Gong tidak mengurangi keindahan Goa.

Menurut warga sekitar, pemberian nama “Goa Gong” karena di dalam Goa tersebut ada sebuah batu yg mengeluarkan bunyi seperti gong yg ditabuh. Batu gong ini berbentuk besar dan juga mengeluarkan tetesan air, yg tertampung di bawahnya. Air tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, bagi awet muda, juga pengabulan.

Keluar dari Goa Gong, kami mulai disuguhkan pada toko oleh-oleh dan souvenir sepanjang jalan. Kita bisa membelinya dengan harga yg cukup terjangkau.

Untuk menikmati keindahan Goa Gong ini, kami cuma dikenakan biaya masuk sebesar Rp 18.000 per orang, dan Rp 2.000 buat sesuatu kendaraan bermotor.

Penasaran dengan keunikan dan keindahannya? Mampirlah ke Goa Gong, dapat dijadikan alternatif wisata seandainya berkunjung ke Pacitan!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/20/154200/3396809/1025/goa-gong-di-pacitan-yang-memukau
Terima kasih sudah membaca berita Goa Gong di Pacitan yang Memukau. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Goa Gong Di Pacitan Yang Memukau"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.