Globe Super Besar Di AS, Bisa Dimasuki Turis!

No comment 76 views

Berikut artikel Globe Super Besar di AS, Bisa Dimasuki Turis!, Semoga bermanfaat

Boston – Globe biasanya berukuran kecil buat pajangan meja atau lemari. Tapi ada yg beda dengan globe di AS, ukurannya begitu besar dan muat dimasuki orang!

Traveler yg liburan di Boston, AS, dan berkunjung ke Perpustakaan Mary Baker Eddy, cobalah telusuri berbagai ruangannya setelah membaca buku. Ada sebuah ruangan berbentuk globe yg menarik dikunjungi.

Ditengok dari situs resmi Perpustakaan Mary Baker Eddy, Jumat (28/10/2016), ruangan globe itu dikenal sebagai the Globe Room atau Mapparium. Nama itu yaitu gabungan dari kata ‘mappa’ yg berarti peta dan ‘arium’ yg artinya sebuah tempat.

Mapparium dibuat oleh arsitek Chester Lindsay Churchill, seorang arsitek Boston, yg merancang gedung Christian Science Publishing Society. Inspirasi ruangan globe ini muncul setelah ia berkunjung ke kantor New York Daily News yg di lobinya memajang globe sebesar 3 meter pada awal tahun 1930-an.

My favorite place to take people in Boston is a 3-story stained glass globe that walks you through history 🌍 #mapparium #secret #boston

A photo posted by Rachel Weinberg (@djratchel) on Apr 3, 2016 at 10:02am PDT

Nah, pada tahun 1932 Mapparium ini pun dibuat lebih besar dari yg ada di kantor New York Daily News dan selesai tahun 1935. Globe raksasa ini tingginya sama dengan ruangan 3 lantai, dengan bagian luarnya berupa kaca melingkar bergambar peta dunia, seperti globe pada umumnya.

Beberapa kali renovasi pun dilakukan. Hingga sekarang Mapparium tampak lebih cantik dengan 206 lampu LED ketika ini. Traveler yg penasaran, dapat masuk ke bagian tengahnya yg memang disediakan semacam jembatan.

Saat memasuki Mapparium memang seperti masuk ke dalam globe dengan peta dunia di sekeliling traveler. Namun nama negara di peta agak sedikit berbeda. Untuk mempertahankan nilai sejarah Mapparium, nama-nama negara tak diperlengkap dari tahun ke tahun, tetapi tetap sama sejak tahun 1934, seperti Thailand yg masih ditulis sebagai Siam.

The 🌎 is your oyster, especially when standing inside a stained glass globe #mapparium #boston #adventure #pic

A photo posted by celialex🐢 (@celialex) on Oct 16, 2016 at 4:16pm PDT

Yuk kami tonton dahulu video Mapparium:

(krn/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/28/133500/3331727/1520/globe-super-besar-di-as-bisa-dimasuki-turis
Terima kasih sudah membaca berita Globe Super Besar di AS, Bisa Dimasuki Turis!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Globe Super Besar Di AS, Bisa Dimasuki Turis!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.