Garut Punya Adu Domba, Bogor Punya Adu Kerbau

No comment 112 views

Berikut artikel Garut Punya Adu Domba, Bogor Punya Adu Kerbau, Semoga bermanfaat

bogor – Garut terkenal dengan tradisi adu domba. Berbeda dengan di Bogor, terdappat adu kerbau yg juga tidak kalah seru. Yuk lihat!

Mungkin belum banyak traveler mengetahui kalau Bogor di Jawa Barat milik atraksi wisata adu kerbau. Atraksi ini dikerjakan oleh warga Cigudeg, Kabupaten Bogor yg biasanya diselenggarakan setelah usai Lebaran.

Warga dari tiga desa di Cigudeg, mulai memadati suatu lapangan luas buat saling mengadu kerbaunya. Ada beberapa macam kerbau yg ikut dalam tradisi ini yakni kerbau macam bule (albino) dan kerbau macam plen atau jantan. Dalam adu kerbau tersebut seandainya kalah bertarung si kerbau mulai melarikan diri.

Adu kerbau yg mendebarkan (Rafik/detikTravel)

Sebelum bertanding, para kerbau ini dimandikan terlebih lalu agar segar ketika bertarung. Saat masuk ke arena, kedua kerbau mulai saling beradu tanduk di atas lumpur. Sama-sama adu kuat, sama-sama berusaha saling mengalahkan. Penonton pun bersorak!

Usut milik usut, rupanya atraksi ini telah berlangsung sejak tahun 1980. Atraksi ini sengaja digelar bagi mempererat tali silaturahmi antar warga dan desa usai Lebaran. Atraksi ini pun terbilang pertama kalinya yg ada di Bogor bahkan di Pulau Jawa.

Sayangnya, hingga kini tradisi adu kerbau tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal seandainya dipromosikan dan dikemas dengan menarik, adu kerbau mampu jadi suguhan seru buat wisatawan atau menjadi acara kebudayaan Sunda di Bogor.

(aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/01/105040/3288470/1519/garut-punya-adu-domba-bogor-punya-adu-kerbau
Terima kasih sudah membaca berita Garut Punya Adu Domba, Bogor Punya Adu Kerbau. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Garut Punya Adu Domba, Bogor Punya Adu Kerbau"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.