Friendship Bridge, Bukti Kedekatan Thailand Dan Laos

No comment 101 views

Berikut artikel Friendship Bridge, Bukti Kedekatan Thailand dan Laos, Semoga bermanfaat

Nong Khai – Thailand dan Laos memiliki hubungan yg amat erat. Buktinya bisa dilihat dari jembatan penghubung kedua negara ini, yakni Friendship Bridge Thai-Lao.

Seperti yg detikTravel lihat, Sabtu (4/2/2017) lalu, jembatan ini melintasi Sungai Mekong. Ia membentang di antara Amphoe Mueang Nong Khai, Thailand hingga Tha Duea di Repubik Demokrasi Rakyat Laos atau Laos PDR.

Kota Tha Duea ini sendir mempunyai jarak sekitar 20 kilometer dari ibu kota Laos. Pembangunannya dibawah kerjasama dari tiga negara, yakni Thailand, Laos, dan Australia.

Menurut pemandu tur dari Thailand, Mr Tom, jembatan ini pula yg memperkuat hubungan antara negara Thailand dan Laos dalam hal budaya, ekonomi, dan aspek sosial. Sebab dengan adanya bangunan ini, akses dari dan ke kedua negara berjalan dengan lebih lancar.

Plakat yg jadi penanda pembangunan jembatan (Masaul/detikTravel)Plakat yg jadi penanda pembangunan jembatan (Masaul/detikTravel)

Pada sore hari, sejumlah turis lokal maupun mancanegara mulai mendatangi lokasi ini yg terletak di bawah jembatan. Mereka yg tiba biasanya cuma bagi sekadar berfoto dengan latar jembatan di atas Sungai Mekongitu. Saat malam tiba, jembatan ini kelihatan cantik dengan lampu-lampu penerangan berwarna kuning.

Umumnya, para turis maupun warga lokal dari Thailand yg melewati jalur darat mulai melintasi jembatan ini. Hal ini yg menjadikan Provinsi Nong Khai menjadi ramai walaupun berada di perbatasan.

Menilik pada struktur jembatan berasal dari beton. Panjangnya kurang lebih 1,174 meter dan lebarnya 12,7 meter dengan beberapa lajur kendaraan dan terdapat jalur kereta api di tengahnya. Karena terletak di perbatasan negara, di setiap ujung jembatan terdapat kantor imigrasi oleh negara masing-masing.

Friendship Bridge Thai-Lao di malam hari (Masaul/detikTravel)Friendship Bridge Thai-Lao di malam hari (Masaul/detikTravel)

Jembatan ini sendiri akan dibangun pada November 1991. Tiga tahun kemudian, pada April 1994, jembatan yg menghubungkan beberapa negara ini akan dioperasikan.

Bagi traveler yg ingin menyeberang ke Laos seandainya dari Thailand mampu melewatinya memakai kendaraan antar negara. Jika memilih shuttle bus Anda mulai dikenakan tiket seharga 250 Baht setara Rp 100 ribu, atau memakai bus besar dikenakan biaya tiket 20 Baht atau Rp 8000 rupiah. Namun, mulai ada biaya lagi untuk turis asing, yakni visa on arrival sebesar Rp 2.000-40.000 ribu ketika hari libur. (rdy/rdy)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/15/161806/3423550/1520/friendship-bridge-bukti-kedekatan-thailand-dan-laos
Terima kasih sudah membaca berita Friendship Bridge, Bukti Kedekatan Thailand dan Laos. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Friendship Bridge, Bukti Kedekatan Thailand Dan Laos"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.