Fatmawati Menjahit Bendera, Tugas Kamu Menjahit Indonesia!

No comment 186 views

Berikut artikel Fatmawati Menjahit Bendera, Tugas Kamu Menjahit Indonesia!, Semoga bermanfaat

Bengkulu – Liburan ke Bengkulu, kamu dapat berkunjung ke rumah Fatmawati Soekarno. Dialah Ibu Negara pertama Indonesia yg menjahit Bendera Pusaka.

Rumah Fatmawati ada di Jalan Fatmawati, Bengkulu di dekat Simpang Lima Ratu Samban. detikTravel berkunjung ke sini, Kamis (17/11/2016). Ini adalah rumah panggung kayu yg anggun berwarna coklat. Areanya bertetangga dengan rumah warga dan cafe dengan musik menghentak.

Patung Fatmawati menjadi penanda di depan rumah museum ini. Jangan lupa melepas alas kaki di teras sebelum masuk. Tidak ada tiket masuk, cuma buku tamu.

Sementara sekelompok remaja nongkrong asyik di terasnya. Di dalam rumah, ada ruang tamu dan 2 kamar tidur. Lukisan Soekarno dan Fatmawati muda terpajang di ruang tamu. Segala serba-serbi sejarah Fatmawati ada di sini.

Baju, foto-foto Fatmawati dan lukisan Soekarno (Fitraya/detikTravel)Baju, foto-foto Fatmawati dan lukisan Soekarno (Fitraya/detikTravel)

Fatmawati (1923-1980) adalah anak Hassan Din, tokoh Muhammadiyah Bengkulu. Fatmawati mencuri hati Bung Karno saat dia diasingkan di Bengkulu tahun 1938-1942.

Di rumah ini kalian mampu tahu lewat foto-foto perkenalan mereka karena aktif dalam komunitas teater, bulu tangkis dan Soekarno yg mengenal ayah Fatmawati sebagai tokoh Muhammadiyah. Ada pula majalah Sarinah yg dihadiahkan Soekarno bagi Fatmawati, isi bukunya soal pergerakan kaum perempuan.

Ketertarikan politik ini mungkin salah sesuatu daya tarik Fatmawati di mata Soekarno. Mereka menikah tahun 1943 setelah Inggit Ganarsih diceraikan Soekarno. Inilah tahun di masa krusial Indonesia.

Kamar tidur Fatmawati (Fitraya/detikTravel)Kamar tidur Fatmawati (Fitraya/detikTravel)

Kamar di kiri rumah ini menggambarkan ruang tidur Fatmawati. Namun kamar yg di kanan amat utama dalam sejarah Indonesia.

Ada mesin jahit di mana Fatmawati pertama kalinya menjahit Bendera Pusaka di Jakarta. Inilah bendera yg berkibar pada 17 Agustus 1945.

Merinding rasanya membayangkan Fatmawati menjahit Bendera Pusaka. Simbolismenya luar biasa, Fatmawati seperti sedang menjahit bangsa ini menjadi satu.

Fatmawati adalah Ibu Negara pertama Indonesia. Di rumah ini kami mampu melihat Fatmawati sangat aktif dalam berpolitik.

Rumah Fatwamati di Bengkulu (Fitraya/detikTravel)Rumah Fatmawati di Bengkulu (Fitraya/detikTravel)

Ada foto Fatmawati berorasi di depan umum lho! Nggak kalah loh dengan suaminya Sang Macan Podium. Ada juga dua foto kunjungan kerja ke sekolah rakyat, rumah yatim piatu. Mendampingi ibu negara asing atau berkumpul bersama istri para ketua partai.

Dialah ibu dari Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra. Fatmawati wafat pada 14 Mei 1980 karena sakit jantung sepulang umroh.

Indonesia kehilangan Fatmawati, Ibu Negara yg bukan sekadar pelengkap Soekarno. Benang-benang persatuan negeri hari ini renggang karena anak bangsa sibuk berkelahi sendiri. Media sosial kami isinya hanya hate speech.

Jangan biarkan Merah Putih yg dijahit Fatmawati, koyak karena ulah kita. Fatmawati pernah menjahit Bendera Pusaka. Hutang kami adalah menjahit persatuan bangsa menjadi erat kembali, serapat warna merah bertemu warna putih. (rdy/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/19/093519/3349152/1519/fatmawati-menjahit-bendera-tugas-kamu-menjahit-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Fatmawati Menjahit Bendera, Tugas Kamu Menjahit Indonesia!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Fatmawati Menjahit Bendera, Tugas Kamu Menjahit Indonesia!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.