Es Buto Ijo, Tersebar Di Seluruh Sragen

No comment 413 views

Berikut artikel Es Buto Ijo, Tersebar di Seluruh Sragen, Semoga bermanfaat

 

SRAGEN, KOMPAS.com – Saat melintasi Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/6/2016), KompasTravel terusik mulai suatu hal. Banyak penjaja jajanan kaki lima yg menjual es buto ijo. Jika dihitung, ada sekitar lima penjaja es buto ijo yg KompasTravel lihat saat melewati Sragen dalam ekspedisi jalur mudik Merapah Trans Jawa dari Kompas.com.

Penasaran, KompasTravel akhirnya menetapkan buat membeli es dengan nama yg cukup ganjil ini. Sebab nama buto ijo selama ini lebih dikenal sebagai sosok mahluk halus yg mengerikan. Seringkali diceritakan pada cerita atau film bergenre horor.

Es buto ijo ternyata adalah minuman dingin berisikan agar, puding susu, pacar cina, melon, dan rumput laut. Istimewa dari minuman ini adalah sirop bewarna hijau, yg diakui penjualnya berasal dari Boyolali. Warna hijau cerah dari sirop yg akhirnya membuat es ini disebut es buto ijo.

Untuk rasa, sebenarnya tidak ada yg istimewa dari minuman ini. Rasanya segar dan manis karena sirop juga campuran susu. Bagi Anda yg tidak terlalu suka rasa manis, ada baiknya meminta penjual buat mengurangi jumlah sirop.

Minuman ini cocok buat dibeli bagi berbuka puasa di jalan ketika mudik, karena tidak perlu sendok buat mentapnya. Hanya perlu sedotan buat menikmati es buto ijo ini.

Terakhir, terjawab telah mengapa es buto ijo ini tersebar di semua Sragen. Ternyata minuman ini adalah bisnis waralaba, tidak heran banyak penjaja es buto ijo di kota Sragen. Harga seporsi es buto ijo adalah Rp 6.000.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/27/032800527/Es.Buto.Ijo.Tersebar.di.Seluruh.Sragen
Terima kasih sudah membaca berita Es Buto Ijo, Tersebar di Seluruh Sragen. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Es Buto Ijo, Tersebar Di Seluruh Sragen"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.