Ekstrem! Uji Nyali Taklukan Jeram Glenmore Banyuwangi

No comment 99 views

Berikut artikel Ekstrem! Uji Nyali Taklukan Jeram Glenmore Banyuwangi, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Traveler penyuka olahraga ekstrem wajib rasanya ke Banyuwangi buat menjajal arung jeram Glenmore. Ini destinasi wisata baru yg mulai memompa adrenalin sampai maksimal!

Jangan mengaku petualang seandainya tak coba wisata baru di Banyuwangi, yakni arung jeram Glenmore. Sebelumnya wisata arung jeram (rafting) di Banyuwangi cuma dikenal di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi saja. Namun baru-baru ini, dibuka lokasi baru rafting yg lebih extreme. Destinasi wisata baru ini, berdekatan dengan Wisata Waduk Sidodadi, Kecamatan Glenmore.

Derasnya air Sungai Kalibaru Banyuwangi yg yaitu rapat aliran sungai dari kaki Gunung Raung dan Gunung Kumitir, dimanfaatkan oleh sekelompok pemuda yg membentuk provider rafting, G_raft. Mereka menyuguhkan medan menantang buat diarungi traveler yg suka dengan olahraga air arung jeram.

Tak tangung-tanggung, level medan rafting di Sungai Kalibaru ini adalah grade 3. Batu–batu besar dan lekuk sungai yg berkelok-kelok, menjadi medan menantang buat traveler bagi menikmati guncangan derasnya air dengan perahu karet. Karakter sungai Kalibaru cenderung lebar. Sebab sungai ini yaitu sungai penting dengan debit air yg melimpah.


Serunya arung jeram di Sungai Kalibaru, Glenmore, Banyuwangi (Ardian/detikTravel)

Dari 25 jeram yg ada, ada titik-titik menantang yg mulai mengocok adrenalin. Titik itu yakni Jeram Mulia, Dam Wilis, dan Jeram Handoko. Dipastikan untuk siapa pun yg coba rute ini tak mulai melupakan tantangan tiga black spot ini.

“Amazing. Medannya lebih menantang dan aliran airnya deras. Kalau tidak milik nyali mending minggir saja,” ujar Shandy, salah sesuatu wisatawan kepada detikcom, Minggu (31/7/2016).

Arung jeram Glenmore juga menyuguhkan pemandangan perkebunan dan perbukitan yg asri dan rindang. Sungai Kalibaru membelah dua perkebunan punya pemerintah dan swasta. Yakni Perkebunan Kalirejo, PTPN XII Jolondoro, PTPN XI dan perkebunan Glen Falloch.

“Kita menawarkan beberapa paket semuanya extreme tetapi aman untuk wisatawan. Ada 5 kilometer yg ditempuh sekitar 2 jam. Ada juga yg 7 kilometer. Untuk paket yg 5 kilometer kalian patok Rp. 187 ribu per pax,” kata Alfan Impriadi, Koordinator Operasional G-Raft ketika berbincang dengan detikcom di lokasi.


Menguji nyali dengan berarung jeram ria (Ardian/detikTravel)

Untuk safety, jangan khawatir. Skipper atau guide di arung jeram Glenmore telah memiliki lisensi. Mereka mulai mengawal wisatawan dalam mengarungi sungai Kalibaru yg extreme ini. “Kita ingin mengawal wisatawan dengan aman dan setiap pengarungan harus zero accident,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, olahraga yg memacu adrenalin ini menawarkan hal baru buat para wisatawan yg berkunjung ke Banyuwangi. Destinasi wisata alam yg menyajikan petualangan di Banyuwangi semakin banyak, dan wahana baru rafting di Sungai Kalibaru ini semakin melengkapi destinasi wisata alam lainnya yg telah ada

“Ini menjadikan banyak pilihan destinasi wisata di Banyuwangi. Yang mau extreme ya silakan di sini. Aman buat wisatawan. Pokoknya tak mulai membosankan,” ujar Anas.

Hal senada diungkapkan Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Timur, Totok Noerdianto. Menurutnya, Sungai yg masuk kategori grade 3 ini fun. Dari segi safety-nya cukup karena dikawal oleh sikpper handal dan berpengalaman. “Menariknya masyarakat sekitar juga mampu diajak berpartisipasi bagi aware dan menjaga kebersihan sungai,” tutur Totok.


Traveler wajib mencoba arung jeram di Banyuwangi (Ardian/detikTravel)

(rdy/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/31/164220/3265346/1519/ekstrem-uji-nyali-taklukan-jeram-glenmore-banyuwangi
Terima kasih sudah membaca berita Ekstrem! Uji Nyali Taklukan Jeram Glenmore Banyuwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ekstrem! Uji Nyali Taklukan Jeram Glenmore Banyuwangi"