Dulu Terpadat Di Jepang, Kini Jadi Pulau Hantu

No comment 79 views

Berikut artikel Dulu Terpadat di Jepang, Kini Jadi Pulau Hantu, Semoga bermanfaat

Nagasaki – Dari sekian banyak pulau di Jepang, ada sesuatu pulau yg dikenal paling berhantu. Pulau Hashima yg lalu padat penduduk, kini kosong melompong tidak berpenghuni.

Traveler yg liburan ke Jepang, tidak cuma mampu melihat keindahan alam negara Matahari Terbit ini saja. Sisi yang lain Jepang yg misterius dan mistis juga dapat traveler lihat. Lokasinya ada di Pulau Hashima, sekitar 15 Km dari lepas pantai Kota Nagasaki.

Dihimpun detikTravel dari dua sumber, Kamis (22/9/2016), Pulau Hashima dahulunya dihuni oleh banyak penduduk. Tercatat ada kurang lebih 5.259 orang penduduk tinggal di area seluas 6,3 Hektar tersebut. Hashima pun dikenal sebagai salah sesuatu pulau terpadat di Jepang, bahkan terpadat di dunia.

Namun itu dulu, di tahun 1959, ketika pertambangan batu bara masih booming di pulau tersebut. Kini, Hashima sudah ditinggal oleh penduduknya dan cuma tinggal menyisakan gedung-gedung kosong yg terbengkalai.

(Thinkstock)(Thinkstock)

Sejarahnya, Pulau Hashima memang dikenal sebagai penghasil batu bara. Tambang batu bara di Hashima akan berproduksi pada medio tahun 1887 hingga 1974. Setiap tahunnya tambang ini memproduksi kurang lebih 400 ribu ton batu bara.

Sayang, di tahun 1974 tambang batu bara di Pulau Hashima mesti tutup. Batu bara kalah bersaing dengan gas bumi buat bahan bakar industri. Lambat laun, penduduk pun akan eksodus meninggalkan Pulau Hashima. Jadilah pulau ini seperti sekarang, sepi, sunyi, kosong dan tidak berpenghuni.

Kondisi Pulau Hashima yg tidak bertuan ini, membawa cerita mistis tersendiri, bahwa pulau tersebut kini dihuni oleh para hantu gentayangan. Banyak orang yg mengaku ketakutan seandainya tiba ke sana. Terlebih lagi, selama masa Perang Dunia Kedua, Hashima menjadi lokasi buat kerja rodi.

(Thinkstock)(Thinkstock)

Menurut catatan pemerintah setempat, 123 orang warga Korea dan 15 orang warga China meninggal di Pulau Hashima sepanjang tahun 1925 hingga 1945. Hashima pun menjadi simbol dari luka perang yg tak mulai sembuh. Tak heran, banyak orang yg menganggap Hashima kini berhantu karena cerita kelam itu.

Meski seram dan mengerikan, nyatanya Hashima tetap menarik minat wisatawan yg cukup pemberani. Sejak tahun 2009, dua agen travel menawarkan perjalanan wisata dari Kota Nagasaki ke Pulau Hashima dengan waktu 40 menit. Biayanya mencapai sekitar 4.000 Yen (Rp 515 ribu) per orang.

Bahkan, pulau ini jadi populer kembali jadi destinasi wisata berkat Film Box Office ‘Skyfall’. Ya, seri James Bond yg dibintangi Daniel Craig tersebut memang menjadikan Hashima sebagai salah sesuatu lokasi syutingnya.

UNESCO juga menganugerahi Hashima dengan predikat World Heritage List pada bulan Juli 2015 karena milik banyak bangunan bersejarah yg bernilai historis tinggi. Bagaimana traveler, tertarik tiba ke pulau berhantu ini?

(Thinkstock)(Thinkstock)

(wsw/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/23/072500/3304723/1520/dulu-terpadat-di-jepang-kini-jadi-pulau-hantu
Terima kasih sudah membaca berita Dulu Terpadat di Jepang, Kini Jadi Pulau Hantu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dulu Terpadat Di Jepang, Kini Jadi Pulau Hantu"