Duh Sayang, Si Cantik Pulau Kenawa Kini Penuh Coretan

No comment 194 views

Berikut artikel Duh Sayang, Si Cantik Pulau Kenawa Kini Penuh Coretan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pulau Kenawa di NTB memang cantik jelita, tetapi sayang karena ulah tangan-tangan traveler jahil tidak bertanggung jawab, pulau ini kini penuh coretan. Duh!

Kenawa adalah sebuah pulau kecil dan eksotik tanpa penghuni, berlokasi sekitar 30 menit penyeberangan dari Pelabuhan Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Kenawa memiliki sebuah bukit di tengah pulau sebagai tempat terbaik menikmati pemandangan pulau ini, termasuk sebagai view point saat sunrise dan sunset.

Namun di balik keindahan pemandangan pasir putih dan gradasi lautan biru dari puncak bukit pulau ini, kelihatan hal menyedihkan. Ada banyak coretan pada batu-batu di puncak bukit ini.

Saat aku kembali ke pulau ini akhir November kemarin, hampir tidak ada batu di puncak bukit Kenawa yg “selamat” dari aksi vandalisme. Selain penuh coretan pada batu, dua sampah botol plastik dan makanan juga tampak di tempat yg harusnya cantik nan eksotik ini.

Sayang sekali kecantikan Pulau Kenawa justru dirusak oleh traveler yg tak bertanggung jawab. Booming gaya hidup traveling, kecanggihan gadget dan era medsos, belum dibarengi edukasi dan pengendalian diri.

Hari ini si mungil Kenawa sudah berwajah muram, esok destinasi mana lagi yg mulai dirusak oleh traveler tidak bertanggung jawab di negeri ini?

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/02/152800/3359556/1025/duh-sayang-si-cantik-pulau-kenawa-kini-penuh-coretan
Terima kasih sudah membaca berita Duh Sayang, Si Cantik Pulau Kenawa Kini Penuh Coretan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Duh Sayang, Si Cantik Pulau Kenawa Kini Penuh Coretan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.