Diving Di Indonesia, Bisa Jumpa Ikan Terbesar Di Dunia

Derawan – Indonesia yg adalah negara maritim yg terkenal dengan keanekaragaman baharinya. Buktinya, diving di Indonesia dapat jumpa ikan terbesar di dunia.

Dunia mengakui paus sebagai mamalia yg berukuran besar. Namun buat spesies ikan terbesar di dunia, diisi oleh hiu paus (Rhincodon typus) atau yg dikenal dengan whale shark. Di Indonesia, ada dua lokasi yg menjadi tempat singgah hiu paus.

Namun walau menyandang nama besar hiu yg terkenal ganas dan yaitu karnivora, hiu paus cukup jinak dan cuma memakan ikan kecil serta plankton. Jadi traveler mampu berenang bersamanya tanpa perlu cemas.

Dihimpun oleh detikTravel, Kamis (26/5/2016), lokasi hiu paus yg ada di Indonesia pun beragam, tepatnya di bagian tengah dan timur. Berikut adalah dua lokasinya:

1. Teluk Cendrawasih, Nabire, Papua

Hiu paus di perairan Nabire, Papua (Yakub Hari Kristianto/ACI)

Perairan Teluk Cendrawasih di sebelah utara Papua adalah Taman Nasional dengan perairan terluas di Indonesia. Teluk Cendrawasih juga yaitu kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia, sekaligus pusat penelitian hiu paus.

Di Desa Kwantisore, hiu paus tidak jarang muncul ke permukaan dan terbiasa berinteraksi dengan wisatawan. Mereka biasa muncul di sekitar bagan (rumah terapung tempat menangkap ikan). Ada 8 bagan yg terdapat di Desa Kwantisore.

Selain Kwantisore, traveler juga mampu menemukan hiu paus di Ahe yg yaitu bagian Kepulauan Harlem. Pulau Yoop, Wendesi, Wasior, dan Yomber juga menjadi lokasi favorit buat melihat ikan paus dan lumba-lumba, serta melihat sejumlah peninggalan kolonial dari abad 18.

Waktu terbaik mengunjungi Taman Nasional ini adalah Mei hingga Oktober, meskipun hiu paus terus ada sepanjang tahun. Sebelumnya Anda harus terlebih lalu mengunjungi Kantor Taman Nasional Teluk Cendrawasih di Jalan Trikora Wosi Rendani, Manokwari.

2. Talisayan, Berau, Kalimantan Timur

Diving bareng hiu paus di Talisayan (Mahyudin Alkadri/d’Traveler)

Sekitar 10 tahun yg lalu, para nelayan di Talisayan menemukan keberadaan hiu paus ini. Wilayahnya terdapat di antara Tanjung Batu dan Tanjung Mangkaliat.

Untuk mampu bertemu dengan ikan hiu paus nan cantik ini, dari Bandara Kalimarau mampu menuju ke Kecamatan Talisayan dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam.

Wisatawan mampu menyewa mobil seharga Rp 1 juta (PP) atau sewa taksi per orang Rp 140 ribu (PP). Namun karena waktu buat melihat hiu ini adalah pagi hari, disarankan menginap di guest house yg ada dekat dermaga Talisayan.

3. Gorontalo

Hiu Paus di Gorontalo (Istimewa)

Melihat Hiu Paus kini jadi wisata baru di Gorontalo. Di perairan Desa Batu Barani, belasan Hiu Paus singgah di kawasan tersebut. Turis pun mampu melihatnya dari dekat. Belum lama, Menteri Susi Pudjiastuti sempat tiba dan melihat hiu paus secara langsung.

Spesies ini dianggap cuma sedang melakukan migrasi sementara di perairan Gorontalo tersebut. Selain di kawasan itu, masyarakat yg hobi memancing ikan, tidak jarang melihat hiu paus di Teluk Tomini.

Hingga Mei 2016, terdapat 13-14 individu hiu paus yg terpantau di perairan Botubarani. Sedangkan Kawasan perairan tersebut sejak 2006 sudah dicadangkan oleh Pemda Kabupaten Bonebolango sebagai kawasan konservasi perairan daerah.

Jadi tak perlu traveling jauh-jauh ke Palawan di Filipina atau negara lainnya buat melihat ikan hiu paus. Datang saja ke salah sesuatu tempat yg ada di Indonesia seperti disebutkan di atas! (rdy/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/081000/3218019/1519/diving-di-indonesia-bisa-jumpa-ikan-terbesar-di-dunia
Terima kasih sudah membaca berita Diving di Indonesia, Bisa Jumpa Ikan Terbesar di Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Diving Di Indonesia, Bisa Jumpa Ikan Terbesar Di Dunia"