Dikunjungi Jutaan Turis, Bali Sudah Overload

No comment 124 views

Berikut artikel Dikunjungi Jutaan Turis, Bali Sudah Overload, Semoga bermanfaat

Badung – Pesona Bali mendunia sejak lama. Tak mengherankan seandainya turis mancanegara beramai-ramai liburan ke Bali, jumlahnya pun mencapai jutaan dan berlebih.

Dari 20 juta target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019, 40%-nya diharapkan masuk melalui Bali. Hingga Desember 2016, wisman yg berkunjung ke Bali sudah mencapai angka 4,5 juta. Walaupun banyak, angka ini masih harus ditingkatkan hingga 8 juta tahun 2019, padahal Bali sendiri mampu dibilang telah overload.

“Sekarang ini dengan keadaan yg ada, kunjungan tahun ini telah 4,5 juta. Itu artinya baru setengahnya, tetapi kalian tahu keadaan ini telah crowded,” ujar Kadispar Badung Cok Raka Darmawan, dalam Grand Opening Fame Hotel Sunset Road Kuta Bali di Bali, Minggu (18/12/2016).

4,5 juta itu baru turis mancanegara saja. Untuk turis lokal, jumlahnya lebih banyak lagi.

“Domestik mencapai angka 7 juta. Kalau ditotal ada 11 juta wisatawan ke Bali. Angka yg tak sedikit,” tuturnya.

Ia menyampaikan peningkatan jumlah wisatawan seharusnya diikuti pula dengan pengembangan bandara serta dermaga, buat turis yg tiba lewat jalur laut. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sendiri memang sudah direnovasi, tetapi terkadang kapasitasnya pun tidak cukup menampung wisatawan.

“4,5 juta masih dapat dikembangkan dengan catatan. Sekarang telah over capacity. Bandara telah direnovasi, cuma saja capacity menampung penumpang dan pesawat telah over,” ucapnya.

Selain itu, pariwisata juga pengembangannya belum merata. Selama ini masih terpusat di kawasan Bali selatan, termasuk Kabupaten Badung. Kunjungan wisatawan masih lebih banyak, jumlah hotel pun begitu.

“Bali mungkin mencapai sekitar 110-120 ribu kamar. Sedangkan 70%-nya ada di Badung. Badung ini 70 ribu kamar kurang lebih,” katanya.

Sementara itu, Pajak Hotel dan Restoran (PHR) Kabupaten Badung sudah mencapai sekitar Rp 2,3 triliun. Dari pajak ini kemudian digunakan bagi membangun infrastruktur dan memelihara objek wisata, serta dua persennya diberikan kepada kabupaten yang lain di Bali bagi menolong memelihara objek wisata.

“15-22% PHR disumbangkan ke 6 kabupaten lainnya di Bali. Tahun ini berkisar Rp 300 miliar, bagi pemerintah kabupaten yang lain memelihara destinasi,” tuturnya. (wsw/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/19/072343/3374578/1382/dikunjungi-jutaan-turis-bali-sudah-overload
Terima kasih sudah membaca berita Dikunjungi Jutaan Turis, Bali Sudah Overload. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dikunjungi Jutaan Turis, Bali Sudah Overload"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.