Dies Natalies Ke-41, UNS Resmikan Museum Baru Di Solo

No comment 136 views

Berikut artikel Dies Natalies Ke-41, UNS Resmikan Museum Baru di Solo, Semoga bermanfaat

Solo – Dalam rangka Dies Natalis Ke-41, Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan sebuah museum baru yg berisi tentang sejarah UNS dan dapat dikunjungi traveler.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperkenalkan museum baru dalam peringatan Dies Natalies ke-41. Museum UNS ini diresmikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir, pada Sabtu (11/3/2017).

Peresmian ditandai dengan pemotongan untaian melati di depan pintu masuk museum. M. Nasir didampingi Rektor UNS, Ravik Karsidi, juga menandatangani prasasti peresmian. Kemudian mereka mengelilingi melihat koleksi-koleksi Museum UNS.

Mereka segera menuju bagian penjelasan tentang berdirinya UNS. Satu-satunya perguruan tinggi negeri di Solo itu awalnya yaitu gabungan dari dua universitas, antara yang lain STO Negeri Surakarta, PTPN Veteran Surakarta, AAN Saraswati, Universitas Cokroaminoto, Universitas Nasional Saraswati, Universitas Islam Indonesia cabang Surakarta.

M Nasir, Menristekdikti memotong untaian melati (Bayu/detikTravel)M Nasir, Menristekdikti memotong untaian melati (Bayu/detikTravel)

Museum tersebut terletak di lantai tujuh gedung Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan UNS. Terdapat sekitar 400 koleksi berupa dokumen, piala, peralatan olahraga, dan piano pertama yg digunakan bagi memainkan hymne UNS.

Koleksi yg dapat dilihat di Museum UNS (Bayu/detikTravel)Koleksi yg mampu dilihat di Museum UNS (Bayu/detikTravel)

Foto-foto rektor UNS juga menjadi koleksi yg dipajang di museum. Mulai dari rektor pertama, KGPH Hario Mataram, hingga Ravik Karsidi, terpampang di salah sesuatu sudut museum.

Dari dalam museum, pengunjung juga mampu menikmati pemandangan kampus UNS yg hijau. Predikat green campus memang melekat pada UNS.

Foto-foto Rektor UNS (Bayu/detikTravel)Foto-foto Rektor UNS (Bayu/detikTravel)

Ketua Devisi Konservasi Museum UNS Solo, Susanto, berharap, Museum UNS mampu menjadi sumber inspirasi intelektual dalam membangun keunggulan bangsa. “Usia 41 tahun, tentu sangat banyak benda-benda bersejarah yg merekam jejak UNS dari berdiri hingga sekarang. Harapannya mahasiswa bisa mengilhami sejarah,” ujarnya. (wsw/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/12/092816/3444608/1382/dies-natalies-ke-41-uns-resmikan-museum-baru-di-solo
Terima kasih sudah membaca berita Dies Natalies Ke-41, UNS Resmikan Museum Baru di Solo. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dies Natalies Ke-41, UNS Resmikan Museum Baru Di Solo"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.