Di Kota Ini, Biola Terbaik Italia Dibuat Sejak Abad Ke-16

No comment 139 views

Berikut artikel Di Kota Ini, Biola Terbaik Italia Dibuat Sejak Abad ke-16, Semoga bermanfaat

Cremona – Nama Cremona mungkin tak setenar kota tujuan wisata yang lain di Italia. Tapi yang berasal traveler tahu, di kota ini biola terbaik Italia dihasilkan sejak abad ke-16.

Cremona adalah sebuah kota yg terletak di sebelah utara Italia, tepatnya masuk ke dalam wilayah Lombardi. Jaraknya kurang lebih 5 jam perjalanan darat dari Roma, ibu kota Italia.

Nama kota ini tentu saja kalah pamor bila dibandingkan dengan nama Roma, Milan, hingga Napoli sekalipun, terutama buat soal pariwisata. Tapi bagi urusan Biola, Cremona adalah juaranya.

Cremona adalah kota penghasil biola nomor sesuatu di Italia. Bisa dibilang, biola terbaik di Italia dihasilkan di Kota Cremona. Dan fakta itu telah bertahan selama kurang lebih 5 abad lamanya.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Rabu (18/1/2017), di Kota Cremona ada kurang lebih 100 bengkel seni yg memproduksi biola, serta alat musik gesek lainnya. Alat musik gesek dari Cremona memang terkenal mulai kualitasnya dan telah digunakan oleh musisi terkenal dari berbagai belahan dunia.

Stefano Trabucchi, pembuat biola master di Cremona sedang bekerja (Stefano Rellandini/Reuters)Stefano Trabucchi, pembuat biola master di Cremona sedang bekerja (Stefano Rellandini/Reuters)

Sejak abad ke-16, Cremona memang dikenal sebagai rumahnya para pembuat biola jagoan. Tercatat nama-nama Master Pembuat Biola tersohor seperti Antonio Stradivari hingga Nicolo Amati yg berasal dari Cremona. Para ahli pembuat biola ini sendiri mendapat sebutan sebagai ‘Liutaia’.

Pembuatan biola oleh para ‘Liutaia’ ini tidaklah sembarangan. Bisa memakan waktu yg sangat panjang, sampai berbulan-bulan. Semua itu demi mendapatkan kualitas nomor satu. Beberapa ‘Liutaia’ ternama bahkan cuma dapat memproduksi kurang lebih 6 atau 7 biola setiap tahunnya.

Diperlukan proses yg sangat rumit dalam membuat sebuah biola (Stefano Rellandini/Reuters)Diperlukan proses yg sangat rumit dalam membuat sebuah biola (Stefano Rellandini/Reuters)

Itu disebabkan karena tingkat kerumitan dan ketelitian dalam membuat biola yg sangat tinggi. Ada proses yg sangat panjang di dalam rangkaian pembuatannya. Mulai dari pemilihan kayu sebagai bahan baku, membuat model, pengecekan nada, hingga sampai tahap terakhir, merupakan finishing.

Tak heran bila sesuatu buah biola yg dihasilkan oleh para master biola di Cremona harganya dapat sangat mahal, karena eksklusif. Satu buah biola master dari Cremona dihargai dapat sampai 20.000 Euro (setara Rp 240 juta).

Salah sesuatu ‘Luitaia’ ternama di era sekarang adalah Edgar Russ, yg lahir di Austria namun sudah menetap di Cremona sejak tahun 1984. Meski sangat menghormati tradisi turun temurun warga Cremona sebagai pembuat Biola, namun Edgar mengaku sangat susah bagi bertahan hidup bila tetap mempertahankan tradisi tersebut.

Edgar Russ, sang master pembuat biola (Stefano Rellandini/Reuters)Edgar Russ, sang master pembuat biola (Stefano Rellandini/Reuters)

Edgar pun menawarkan macam biola yg grade-nya berada di bawah ‘Master Biola’. Di bengkel seninya, Edgar membuat macam biola buat pemula, serta biola macam ‘Linea Macchi’, sebuah biola buat pemain biola profesional namun dengan harga yg lebih terjangkau, tak semahal ‘biola master’.

“Sungguh sangat menggembirakan bila saya mampu membuat satu yg berbeda, tak seperti biola kebanyakan. Meskipun kamu tak dapat memainkannya, tetapi kamu mulai senang cuma dengan menggenggamnya. Sungguh sangat cantik, dan dapat menghasikan suara yg sangat indah,” ujar Edgar.

Traveler pecinta musik, terutama yg mampu memainkan instrumen biola dan kebetulan berencana liburan ke Italia, mungkin dapat mampir ke Kota Cremona. Saatnya berwisata yg sedikit berbeda dari Kota Roma atau pun Milan, melihat aneka workshop biola di Cremona. Siapa tahu, ada biola yg harganya cocok bagi dibawa pulang.

Siapa tahu biola-biola ini berjodoh denganmu (Stefano Rellandini/Reuters)Siapa tahu biola-biola ini berjodoh denganmu (Stefano Rellandini/Reuters)

(wsw/krn)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/18/085716/3398710/1520/di-kota-ini-biola-terbaik-italia-dibuat-sejak-abad-ke-16
Terima kasih sudah membaca berita Di Kota Ini, Biola Terbaik Italia Dibuat Sejak Abad ke-16. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Di Kota Ini, Biola Terbaik Italia Dibuat Sejak Abad Ke-16"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.