“Delayed” Dan Aneka Status Penerbangan Yang Harus Anda Tahu

No comment 105 views

Berikut artikel “Delayed” dan Aneka Status Penerbangan yang Harus Anda Tahu, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Status penerbangan memperlihatkan keadaan atau persiapan penerbangan yg mulai Anda naiki. Penting bagi mengetahui status penerbangan begitu datang di bandara. Anda mulai mengetahui apakah penerbangan kali ini tepat waktu, delayed, atau mungkin dibatalkan.

Selain melihat segera di bandara, Anda juga mampu mengetahui status penerbangan lewat dua situs. FlightStats adalah salah satunya. Menggunakan situs ini, Anda mampu mengetahui posisi pesawat yg dinaiki teman atau keluarga. Dengan memasukkan nomor penerbangan, Anda mulai mengetahui status atau posisi pesawat tersebut.

Ada dua status penerbangan yg perlu Anda ketahui dan pahami. Dari situs FlightStats yg dikutip KompasTravel, Senin (8/8/2016), berikut daftarnya.

1. Scheduled (S)

Penerbangan dengan status Scheduled (S) berarti memiliki waktu keberangkatan dan kedatangan sesuai jadwal. Penerbangan dalam status ini mampu berubah sewaktu-waktu menjadi Cancelled (C), Active (A), atau Unkonwn (U).

2. Boarding

Saat melihat papan di bandara dan penerbangan Anda bertuliskan Boarding, saatnya bergegas ke boarding gate. Ini berarti penumpang sedang memasuki pesawat.

3. Active (A)

Penerbangan dengan status Active (A) berarti pesawat telah mengudara. Status ini mampu berubah menjadi Unknown (U), Landed (L), atau Redirected (R). Biasanya, penerbangan dengan status ini sedang menunggu ketersediaan tempat atau lahan parkir di bandara.

4. Unknown (U)

Penerbangan dengan status Unknown (U) berarti keberadaan atau ketersediaan pesawat tak terdeteksi. Ini dapat terjadi saat pesawat tak berubah statusnya dalam waktu yg terlampau lama.

5. Redirected (R)

Redirected (R) berarti pesawat sedang mengudara kemudian mengubah rute menuju bandara lain. Ini mampu terjadi karena berbagai hal, misal keadaan cuaca atau kendala pada mesin pesawat. Jika pesawat sudah mendarat di bandara tersebut, statusnya mulai berubah menjadi Diverted (D).

6. Diverted (D)

Diverted (D) berarti pesawat sudah mendarat di bandara yg tak terjadwal sebelumnya. Berkaitan dengan status sebelumnya, hal ini mampu terjadi ketika pesawat mendarat darurat karena beragam kendala.

7. Landed (L) 

Landed (L) berarti pesawat sudah mendarat di bandara yg terjadwal.

8. Delayed (D)

Ini status yg paling tidak jarang menjadi persoalan di bandara-bandara Indonesia. Delayed (D) berarti penerbangan harus ditunda karena dua kendala. Bisa karena cuaca, mampu karena ketidaksiapan pesawat, atau keberadaan pesawat yg masih dalam status Active (A).

9. Cancelled (C)

Sebenarnya ada yg lebih “mengerikan” dibanding status Delayed (D). Jika penerbangan Anda berstatus Cancelled (C), berarti Anda batal terbang. Penerbangan dibatalkan dan Anda harus menunggu buat keterangan selanjutnya.

10. No Operation (NO)

Status No Operation (NO) biasanya terjadi ketika pesawat tiba di luar jadwal kedatangan dan keberangkatan bandara. Hal ini cukup jarang terjadi dalam dunia penerbangan. 

11. En Route

Status En Route berarti pesawat sedang berada dalam perjalanan menuju bandara tujuan.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/08/200300027/.Delayed.dan.Aneka.Status.Penerbangan.yang.Harus.Anda.Tahu
Terima kasih sudah membaca berita “Delayed” dan Aneka Status Penerbangan yang Harus Anda Tahu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "“Delayed” Dan Aneka Status Penerbangan Yang Harus Anda Tahu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.