Dari Garasi Mobil, Dapur Solo Buka 16 Cabang Restoran

No comment 103 views

Berikut artikel Dari Garasi Mobil, Dapur Solo Buka 16 Cabang Restoran, Semoga bermanfaat

 JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah hasil tidak mulai mengkhianati usaha, begitulah ungkapan yg tepat untuk Swandani Kumarga, pelopor Dapur Solo. Ia membangun usaha restorannya cuma dari garasi pada tahun 1988. Kini usahanya berkembang pesat, dengan 16 cabang Dapur Solo di lokasi yg berbeda. 

“Semua pasti butuh proses dan ini telah hampir 30 tahun. Usaha ini setapak demi setapak, sama seperti sekolah yg naik selalu tingkatannya,” kata Swandani ketika ditemui KompasTravel di acara kelas memasak di Almond Zucchini, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Swandani bercerita bahwa proses pembukaan cabang Dapur Solo semakin lancar berkat kerja sama suami dan anak-anaknya. Selain itu hal yg tidak kalah utama buat melebarkan usaha restorannya menurut Swandani adalah standardisasi bumbu dan servis.

“Semua masakan itu aku uji mencoba lalu resep saya, setelah dicoba kalian untuk standardisasi. Nah, suami aku yg selanjutnya bertugas mengontrol standardisasi makanan itu,” kata Swandani. Meski usahanya kini memiliki 16 cabang, Swandani mengaku belum bersiap buat membuka franchise atau bisnis waralaba.

“Banyak orang bilang franchise itu gampang dan segera menerima duit dari orang lain. Tetapi kalau tak perform, kami untung orangnya yg rugi, pasti diomelin begitu. Jarang orang Indonesia yg franchise-nya mampu berjalan dengan lama,” kata Swandani.

Namun ia tak memungkiri berminat bagi membuka bisnis waralaba ke depannya, dengan syarat standardisasi servis, resep, dan sumber daya manusia. “Dapur Solo milik nilai tidak mau yang berasal terima uang orang lain. Harus orang itu untung,” kata Swandani.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/19/050600727/Dari.Garasi.Mobil.Dapur.Solo.Buka.16.Cabang.Restoran
Terima kasih sudah membaca berita Dari Garasi Mobil, Dapur Solo Buka 16 Cabang Restoran. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dari Garasi Mobil, Dapur Solo Buka 16 Cabang Restoran"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.