Danau Galunggung Yang Masih Jarang Disinggahi

No comment 114 views

Berikut artikel Danau Galunggung yang Masih Jarang Disinggahi, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Apabila berlibur ke Tasikmalaya, traveler mampu coba mencaki Puncak Galunggung. Namun selain itu, terdapat juga Danau Galunggung yg belum populer.

Objek wisata Gunung Galunggung yaitu objek wisata alam yg menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Di gunung yg meletus terakhir kali tahun 1982 itu, terdapat danau atau kawah cukup besar yg dikelilingi dinding.

Dari atas dinding tersebut, pengunjung dapat menyaksikan air danau yg tenang, berwarna hijau kekuningan juga tebing yg menjulang di seberang danau. Tempat inilah lokasi yg paling banyak dikunjungi wisatawan.

Ada beberapa tangga menuju bibir Danau Galunggung, keduanya yaitu tangga dengan sekitar 600-an anak tangga. Namun tidak kalah indah, sebenarnya bila para pengunjung turun ke dasar danau.

Untuk menuju dasar danau terdapat sesuatu jalan berupa tangga. Jalan tersebut sebenarnya bukan buat tujuan wisata, melainkan bagi keperluan pegawai pengendalian air pembuangan dari Danau Galunggung.

Jumlah tangga juga tidak kalah banyak dengan tangga naik ke bibir danau dari area parkir utama. Hanya saja, tangga ini lebih landai dan terdapat dua tikungan. Semakin turun ke bawah, di sebelah barat Puncak Galunggung nampak makin menjulang. Sementara sebelah kanan kelihatan tanggul danau yg nampak siluet.

Sebelum sampai ke dasar danau, di belokan tangga pertama Anda dapat melihat sumur besar berdiameter 5 meter. Sumur tersebut gelap dan berkabut, sedalam 100 meter.

Menurut pegawai yg sedang memperbaiki bibir terowongan di dasar danau, sumur itu yaitu lubang vertikal rapat 3 terowongan pembuangan air dari dasar danau yg ujungnya terdapat di sebelah selatan dinding danau.

Jika Anda berteriak di muka sumur, suara mulai terasa kencang dan bergaung. Dari dasar danau juga terdengar suara gemuruh. Namun sesekali terdengar suara auman, mirip suara-suara dari dasar bumi yg ada di video-video youtube. Saya juga  begitu kaget ketika menengok sumur tersebut. Tiba-tiba suara auman itu muncul. Saya lari, merinding.

Perjalanan berikutnya, mendekati permukaan air danau terdapat pintu pengaturan air juga bangunan pos. Pintu air terbuat dari besi tebal yg mampu dibuka dan tutup dengan memakai tali baja yg diatur dari pos penjagaan.

Dari pos tersebut, jarak pada permukaan air danau sekitar 25 meter. Ketika aku berkenjung ke Galunggung, Minggu (17/7/2016), di lokasi itu sedang dibangun tangga dari tembok dan beton.

Hal menarik lainnya di Galunggung, sebenarnya Anda bisa sampai pada dasar danau yg telah mengering. Lapangan luas tersebut terdiri dari kerikil bebatuan dan pasir yg telah berumput. Para pecinta alam tidak jarang memasuki arena ini, bahkan mengadakan kamping di bawahnya.

Hanya saja buat menuju dasar danau kering itu cukup jauh, harus berkeliling bibir danau terlebih dahulu, turun dari sebelah barat daya. Tidak ada jalan khusus terbuat dari tangga, yg ada cuma jalan setapak di tebing-tebing.

Dari arena wisata utama, mampu ditempuh sekitar 1 jam. Saya sempat mengira buat menuju tempat itu melalui tangga pos pengaturan air. Ternyata bukan.

Pada kedua tempat di atas, tak seluruh pengunjung menjangkaunya. Biasanya wisatawan cuma sampai pada puncak bibir danau berhenti berhenti di situ. Alasannya, area cukup jauh.

Untuk menjangkaunya memerlukan tenaga ekstra. Apalagi sebelumnya pengunjung telah menaiki tangga bagi sampai di bibir danau. Jika harus turun lagi ke dasar danau, artinya harus siap-siap naik turun tangga secara kestra.

Namun demikian, keindahan Puncak Galunggung dari dasar danau sangat cantik. Kombinasi latar belakang tebing, bibir danau, air dan bayangan gunung nyaris seperti lukisan dipadu awan putih yg bergelayut, begitu indah. Udara sangat sejuk dan suara burung bersautan di sekililing pemandangan.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/25/135500/3256187/1025/danau-galunggung-yang-masih-jarang-disinggahi
Terima kasih sudah membaca berita Danau Galunggung yang Masih Jarang Disinggahi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Danau Galunggung Yang Masih Jarang Disinggahi"