Dampak Indonesia Jadi Tuan Rumah Pasar Wisata Terbesar Se-Asia Pasifik

Berikut artikel Dampak Indonesia Jadi Tuan Rumah Pasar Wisata Terbesar Se-Asia Pasifik, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia kembali menjadi tuan rumah PATA (Pacific Asia Travel Association) Travel Mart 2016 yg diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten yg berlangsung pada 7-9 September 2016. Ini adalah kali kelima Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA.

“Ada banyak keuntungan menjadi tuan rumah PATA. Ini disiarkan oleh 100 media, 70 persen internasional. Kalau Indonesia harus memasang iklan, minumum Rp 20 miliar. Jadi ini sangat menguntungkan,” kata Setyono Djuandi Darmono, PATA Indonesia Chapter, Rabu (8/9/2016). 

Setyono mengatakan, tak gampang menjadi tuan rumah dari PATA. Banyak negara yang lain yg juga ingin menjadi penyelenggara pasar wisata terbesar di Asia Pasifik yg rutin diselenggarakan tiap tahun.

“Kami harus berterimakasih kepada PATA, karena pertama kali diselenggarakan di Indonesia menjadi wake up call bagi kami. Kami membangun banyak hotel, tempat konferensi dan obyek wisata buat turis ketika itu,” tutur Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ketika pidato pembukaan PATA. 

Menpar Arief Yahya juga menjadikan ajang PATA sebagai sarana memasarkan destinasi wisata Indonesia, khususnya 10 destinasi prioritas ke buyer internasional.

“Kita adakan one stop service. Untuk orang asing mengurus bisnis, tiga jam selesai. Ada juga basic need seperti notaris, segala ada di situ. Khususnya buat 10 destinasi baru seperti hotel, resor, dan sebagainnya,” kata Arief.  

Tahun ini PATA Travel Mart dihadiri oleh 262 buyers dari 56 negara dan seller yang terdiri dari 219 perusahaan, serta 416 delegasi dari 35 negara. Turut hadir 65 perwakilan media massa dari 15 negara dan 12blogger mancanegara.

Jika dijumlahkan, total delegasi buat PATA Travel Mart 2016 mencapai 1.000 orang yg berkunjung ke Indonesia dalam sesuatu waktu. Menpar memprediksi dari PATA Travel Mart, Indonesia mendapat pemasukan devisa Rp 1 triliun.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/09/08/201000427/dampak.indonesia.jadi.tuan.rumah.pasar.wisata.terbesar.se-asia.pasifik
Terima kasih sudah membaca berita Dampak Indonesia Jadi Tuan Rumah Pasar Wisata Terbesar Se-Asia Pasifik. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dampak Indonesia Jadi Tuan Rumah Pasar Wisata Terbesar Se-Asia Pasifik"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.