Curug Yang Konon Jadi Tempat Mandi Bidadari Di Jateng

detikTravel Community –  

Curug Bidadari di Jawa Tengah konon dulunya digunakan sebagai tempat mandi para bidadari. Walau namanya curug, ini bukan air terjun melainkan sungai yg indah.

Dinamakan Curug Bidadari konon katanya karena dulu yaitu tempat pemandian bidadari yg turun dari langit. Letaknya di perbatasan antara Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang dan Desa Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Sempat terjadi perselisihan antara kedua warga tersebut yg sama-sama mengklaim ‘kepemilikan’ curug yg dikenal dengan nama Curug Batu Dinding ini.

Curug Bidadari dapat ditempuh kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Batang dengan memakai kendaraan pribadi. Selama perjalanan kalian mulai disuguhi dengan pemandangan persawahan, perbukitan, dan hutan pinus yg hijau. Udara yg masih segar juga mulai menyambut kalian sesampainya di Desa Silurah.

Walaupun dinamakan dengan curug, sebenarnya tak ada air terjun yg cukup tinggi ditempat ini. Yang dapat kami saksikan ditempat ini adalah aliran sungai yg diapit oleh dinding-dinding batu yg tinggi.

Air yg mengalir sangat jernih dan cukup deras. Tapi tak perlu khawatir karena pihak pengelola atau warga desa telah memasang sebuah tali tambang yg dapat digunakan sebagai pegangan seandainya ingin menyusuri aliran sungainya.

Dinding-dinding yg mengapit aliran sungai tersebut tampak seperti terukir oleh proses alam yg membuatnya kelihatan indah. Pada siang hari cahaya matahari mulai masuk melalui celah atas dinding batu menuju bawah yg membuat pemandangan menjadi sedikit dramatis.

Ada dua cerukan atau kolam yg mampu digunakan buat berenang di Curug Bidadari. Kolam-kolam tersebut cukup dalam, kedalamannya mencapai lebih dari 3 meter.

Jika tak dapat berenang sangat tak disarankan buat bermain di area ini karena berbahaya. Jika ingin berenang dapat memakai jaket atau ban pelampung yg dapat disewa melalui penjaga tempat ini.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/141500/3214393/1025/curug-yang-konon-jadi-tempat-mandi-bidadari-di-jateng
Terima kasih sudah membaca berita Curug yang Konon Jadi Tempat Mandi Bidadari di Jateng. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Curug Yang Konon Jadi Tempat Mandi Bidadari Di Jateng"