Curug Cibulao, Oase Kesejukan Di Kawasan Gunung Paseban Bogor

Berikut artikel Curug Cibulao, Oase Kesejukan di Kawasan Gunung Paseban Bogor, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bogor tidak henti-hentinya memukau traveler dengan keasrian alamnya. Curug Cibulao, jadi bukti nyata oase kesejukan di kawasan Gunung Paseban, Bogor.

Umumnya masyarakat mengenal Bogor sebagai kota hujan dan kota 1001 angkot. Namun untuk penikmat alam, khususnya penikmat curug, Bogor yaitu surganya curug. Ada lebih dari 300 curug yg berserakan di kota hujan ini. Bahkan pencinta curug menyebut Bogor sebagai kota 1001 curug.

Mencari tempat wisata di Bogor dengan lokasi yg bersih, jauh dari keramaian, bebas polusi, sepi pengunjung, dan yg mampu membuat pikiran tenang serta puas lahir batin sebenarnya gampang-gampang susah. Namun aku akhirnya menemukan lokasi yg dapat mewakili syarat di atas. Tempat itu adalah Curug Cibulao.

Curug Cibulao terletak di daerah Megamendung, Puncak, Bogor. Waktu tempuh yg relatif singkat seandainya berkendara dari Bogor, membuat kawasan Curug Cibulao gampang diakses. Namun cuma sedikit orang yg tahu. Kok bisa? Karena lokasi curug ini tak berada di pinggir jalan, dan sangat minim informasi.

Saya pun tahu tempat ini pada ketika survey ke Curug Panjang. Curug Cibulao yaitu hulu dari dari dua curug lainnya seperti Curug Naga, Curug Panjang, Curug Orok, dan Curug Barong. Kawasan Megamendung juga dikenal dengan hawa dingin yg segar serta pemandangan yg asri.

Untuk mencapai tempat ini aku melalui Curug Panjang dan mampu memilih, dengan river trekking dari Curug Panjang atau trekking melewati jalan dan hutan. Jika memilih pilihan terakhir, kami mulai berjalan menuju perkebunan kemudian melewati jalan cor yg terbelah tengah dengan kemiringan yg cukup terjal.

Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Masjid. Setelah itu ada pertigaan, belok kiri. Ikuti jalan sampai datang di lokasi. Oh iya, di Masjid juga dijadikan tempat bagi memarkirkan kendaraan seandainya kami tak melalui Curug Panjang.

Curug Cibulau sebenarnya memiliki nama asli Curug Hulu, karena curug ini yaitu hulu dari sumber air untuk warga sekitar di aliran Sungai Paseban. Sedangkan bagi nama Cibulau karena airnya  yg jernih kebiru-biruan mirip warna biru bulau.

Curug ini memiliki beberapa leuwi alami yg sangat jernih. Leuwi yg pertama yg kedalamannya mencapai 8 meter berada tepat dibawah curug, sedangkan leuwi yg kedua kedalamannya mencapai 5 meter berada di bawah leuwi yg pertama.

Untuk mencapai leuwi pertama kami harus berenang atau melewati leuwi pertama dengan melipir dan berpegangan pada tambang yg telah disediakan dan memanjat ke atas batu. Setelah sampai di leuwi kedua, mulai kelihatan warna air kebiruan yg sangat jernih.

Kelebihan curug ini selain memiliki beberapa leuwi adalah visibilitas bawah airnya yg sangat jernih dan arus bawah leuwi yg tak terlalu kuat. Jadi cukup aman buat menyelam. Warna airnya pun tampak kebiru-biruan mirip warna biru bulau.

Aktivitas yg dapat dikerjakan di curug ini pastinya berenang, karena memang leuwi pertama dan kedua cukup dalam dan lebar. Atau mungkin mau yg lebih ekstrim lagi, merupakan loncat dari tebing curug (Cliff Jumping) yg tingginya bervariasi!

Menantang memang, namun buat yg tak mampu berenang jangan khawatir, di sini juga ada tempat penyewaan life jacket dengan tarif Rp 10 ribu rupiah saja.

Untuk  sampai ke Curug Cibulau via Curug Panjang tidaklah sulit. Dari Kota Bogor atau Tol Jagorawi arahkan kendaraan menuju Puncak. Sampai pertigaan Megamendung atau sebelah Masjid Nurul Huda, belok kiri ikuti jalan sampai melewati Unilever Learning Centre. Kemudian ambil arah kanan sampai menemukan Mega training Centre, dahulu Pusdik Reksrim Polri.

Dari situ selalu melewati hutan pinus hingga menemukan rumah besar  di sisi kanan. Sampai di situ, tanya saja pada penduduk setempat arah Curug panjang. Penduduk setempat mulai dengan senang hati memamerkan arahnya.

Piknik, ngetrip, apapun itu namanya, tak perlu jauh-jauh atau mewah, seandainya memang kalian memiliki keterbatasan waktu dan biaya. Intinya adalah ganti suasana, refreshing, sehingga saat kalian kembali beraktifitas seperti biasa, kami memiliki energi dan semangat yg baru, bukan kelelahan dan keletihan.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/28/140900/3289749/1025/curug-cibulao-oase-kesejukan-di-kawasan-gunung-paseban-bogor
Terima kasih sudah membaca berita Curug Cibulao, Oase Kesejukan di Kawasan Gunung Paseban Bogor. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Curug Cibulao, Oase Kesejukan Di Kawasan Gunung Paseban Bogor"