Cuma Indonesia Yang Masih Punya Naga Purba

No comment 23 views

Berikut artikel Cuma Indonesia yang Masih Punya Naga Purba, Semoga bermanfaat

Labuan Bajo – Soal keajaiban di Indonesia Tengah, Komodo di Flores tentu menjadi salah satunya. Inilah komodo, Naga Purba yg hanya ada di Indonesia saja.

Dikenal dengan nama latin Varanus komodoensis, Komodo yaitu spesies kadal terbesar di dunia yg cuma bisa ditemui di Indonesia Tengah. Persisnya di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Gili Motang dan dua pulau kecil yg berada di NTT.

Secara teknis, Komodo diketahui bisa hidup hingga umur 60 tahun. Dengan panjang tubuh hingga 2-3 meter. Liurnya terkenal berbahaya karena mengandung bakteri, tetapi giginya yg setajam gigi hiu, kukunya yg besar dan sabetan ekornya tidak kalah mematikan juga.

Di mata dunia internasional, Komodo diakui sebagai salah sesuatu dari ‘New 7 Wonders of Nature’ dari Indonesia. Di Labuan Bajo yg menjadi pintu gerbang menuju Taman Nasional Pulau Komodo, traveler juga mampu menjumpai Bandara Komodo dengan ikon Komodo yg menjadi khasnya.

Namun di mata penduduk setempat, Komodo juga dianggap sebagai leluhur. Kala itu detikTravel diceritakan kisahnya segera oleh pemandu setempat yg bernama Ardiansyah.

 Komodo dari kejauhan (Agung Pambudhy/detikcom) Komodo dari kejauhan (Agung Pambudhy/detikcom)

Ceritanya, zaman dahulu seorang ibu melahirkan anak kembar merupakan manusia dan komodo. Komodo ditaruh di hutan, sementara sang anak dibesarkan. Hingga tumbuh dewasa, anak itu berburu ke hutan dan bertemu komodo dan mau membunuhnya.

Ketika hendak membunuh, ibunya muncul dan memberitahu anak tersebut bahwa komodo itu adalah saudaranya. Sejak ketika itulah, orang-orang di Pulau Komodo yakin bahwa komodo adalah leluhur sekaligus saudara mereka yg harus dijaga.

Maka sampai sekarang, belum pernah ada kejadian orang di sana membunuh komodo. Tapi sebaliknya, terdapat catatan komodo yg menyerang manusia hingga memakannya. Untuk hal yg sesuatu ini, ada penjelasannya.

Wisatawan yg tengah melihat Komodo dari jarak aman (Agung Pambudhy/detikcom)Wisatawan yg tengah melihat Komodo dari jarak aman (Agung Pambudhy/detikcom)

Diketahui kalau Komodo tak mulai menyerang manusia, tetapi selama manusia juga tak mengganggu. Rata-rata yg diserang komodo adalah orang yg menginjak komodo dengan tak sengaja.

Jika jika Komodo tiba ke rumah penduduk atau mau memakan ternak, biasanya pemandu setempat cuma mengusir saja dan tak membunuhnya. Bagaimanapun juga Komodo adalah reptil langka yg harus dilindungi.

Apabila liburan ke Pulau Komodo atau Rinca, kamu bisa trekking menjelajahi hutan dan padang savana bagi melihat komodo dari dekat. Untuk melihat komodo di sana, traveler mulai mengelilingi sambil ditemani oleh Ranger yg telah berpengalaman.

Pihak Ranger pun mulai terlebih dahulu menanyakan perihal jalur trekking yg ingin diambil, apakah yg pendek, sedang atau panjang. Rute pendek lamanya sekitar 1-2 jam, medium sekitar 2-3 jam, dan panjang di atas 4 jam.

Setelah memilih rute trekking, barulah kalian diajak menjelajahi indahnya Pulau Rinca. Namun, perlu diingat kalau traveler juga mulai menjumpai komodo ketika trekking. Intinya tetap harus berjalan di jalur yg disediakan dan tak boleh jauh-jauh dari Ranger.

Komodo yg tengah membuka mulut (Agung Pambudhy/detikcom)Komodo yg tengah membuka mulut (Agung Pambudhy/detikcom)

Ketika datang di salah sesuatu spot, Ranger pun memberi waktu untuk traveler buat melihat komodo dari jarak yg lumayan dekat. Traveler pun tak perlu takut, karena komodo cenderung pasif ketika siang hari dan aktif ketika malam.

Biasanya para ranger di Taman Nasional Komodo terus menekankan buat tak bergerak secara tiba-tiba dan membuat suara onar. Hal itulah yg mulai membuat komodo tertarik dan bisa mengincar kamu!

Ranger pun telah sedia dengan tongkat khusus berbentuk Y yg berfungsi bagi menghalau komodo, jika terjadi hal yg tak diinginkan. Bagi yg berani, mampu berfoto lebih dekat dengan komodo.

Tegang memang, tetapi sensasi bertemu dan melihat komodo di habitat aslinya memang tiada dua. Cobalah main ke Pulau Rinca ketika liburan ke Labuan Bajo. Dijamin seru dan menegangkan! (bnl/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/30/072408/3459980/1519/cuma-indonesia-yang-masih-punya-naga-purba
Terima kasih sudah membaca berita Cuma Indonesia yang Masih Punya Naga Purba. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cuma Indonesia Yang Masih Punya Naga Purba"