Copacobana Di Brasil Tak Cuma Bikini, Ada Benteng Museum Yang Keren

Berikut artikel Copacobana di Brasil Tak Cuma Bikini, Ada Benteng Museum yang Keren, Semoga bermanfaat

Rio de Janeiro – Pantai Copacobana di Rio de Janeiro, Brasil, tak melulu berisi gadis seksi berbikini. Di ujung pantainya, ada Museum Sejarah Angkatan Darat Brasil yg berbentuk benteng.

detikTravel akhirnya mampu jalan-jalan di Pantai Cobacabana di Rio de Janiero yg terkenal itu minggu lalu. Pasirnya putih bersih, tanpa sampah sedikitpun. Sore itu aku ingin menikmati sunsetnya yg terkenal.

Namun aku tiba terlalu siang. Sunset masih sekitar beberapa jam lagi. Saya pun coba mencari kegiatan dengan melihat-lihat dagangan pedagang kaki lima di tepian Pantai Copacabana.

Tanpa terasa aku datang di ujung pantai. Di situlah aku melihat Museu Historico do Exercito atau Museum of the History of the Army. Dari luar, bangunan ini tampak seperti benteng pertahanan militer di Indonesia.

https://s19.postimg.org/eyx7e3oer/museum2.jpg
Bangunan yg seperti benteng (Ken/detikTravel)

Tadinya aku tidak menyangka itu adalah sebuah museum. Saya mengira tempat itu yaitu pangkalan militer yg masih aktif karena ada banyak pria berbadan tegap, berseragam, menjaga pintu gerbangnya.

Namun begitu melihat ada loket tiket, aku baru tahu tempat itu memanglah sebuah tempat wisata yg mampu dikunjungi. Saya pun membeli tiket sekitar Rp 50 ribu dan masuk ke dalam.

Begitu melewati gerbang dengan banyak tentara penjaga, aku melihat meja kursi kafe tepat di tepi pantai. Banyak wisatawan duduk sambil menikmati kopi dan cemilan ringan.

Dari seorang penjaga yg kebetulan dapat berbahasa Inggris, aku jadi tahu spot tersebut memang menjadi favorit wisatawan. Karena dari situ, sunset mulai kelihatan sangat cantik.

Karena sunset masih lama, aku pun menetapkan buat masuk ke dalam museum terlebih dulu. Tempat ini diresmikan pada tahun 1914 dengan tujuan memperkuat pertahanan Guanabara Bay.

https://s19.postimg.org/oxi60kxub/museum3.jpg
Bagian dalam museum (Ken/detikTravel)

https://s19.postimg.org/rsv97g1ub/museum4.jpg
(Ken/detikTravel)

Berdiri di atas area seluas 114 ribu meter persegi. Saat pertama kali diresmikan benteng pertahanan ini dianggap paling modern di Amerika Selatan karena persenjataannya yg lengkap.

Museum ini memiliki meriam kuat akan dari 75 mm, 190 mm, hingga 305 mm. Meriam-meriam itu yaitu produksi pabrik senjata Krupp Jerman. Hingga kini, meriam-meriam itu masih tersimpan.

Dahulu kala, senjata dari benteng pertahanan ini ikut berpartisipasi dalam peristiwa sejarah. Yang paling terkenal adalah peristiwa epik ‘Dezeito do Forte’ pada 5 Juli 1922.

Hingga pada tahun 1987 benteng pertahanan ini ditutup dan diganti menjadi museum Angkatan Darat. Dan kini menjadi pusat pelestarian memori Angkatan Darat Brasil yg banyak dikunjungi wisatawan.

Ruangan museum dibagi menjadi banyak ruangan-ruangan kecil. Agak gelap. Agak seram ketika aku berjalan sendirian di dalam ruangan dengan banyak meriam.

https://s19.postimg.org/epzmo6bmb/museum5.jpg
Meriam di dalam museum (Ken/detikTravel)

Ada dua bangunan berbeda. Ada ruangan bunker tempat penyimpanan senjata, ada juga ruangan berisi diorama tentang sejarah Angkatan Darat Brasil.

Sayangnya keterangan yg tertulis di museum itu masih memakai bahasa Portugis. Saya awalnya tidak mampu mengerti apa artinya. Saya memakai Google Translate buat mengartikan keterangan itu.

Setelah sekitar sesuatu setengah jam berkeliling, aku akhirnya selesai melihat-lihat isi museum. Saya pun melangkah menuju menuju sisi museum bagi bertemu dengan sunset Pantai Cobacabana yg indah.

(shf/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/12/084825/3251211/1520/copacobana-di-brasil-tak-cuma-bikini-ada-benteng-museum-yang-keren
Terima kasih sudah membaca berita Copacobana di Brasil Tak Cuma Bikini, Ada Benteng Museum yang Keren. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Copacobana Di Brasil Tak Cuma Bikini, Ada Benteng Museum Yang Keren"