Cikuray, Keindahan Negeri Di Atas Awan

No comment 104 views

Berikut artikel Cikuray, Keindahan Negeri di Atas Awan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di Jawa Barat, nama Gunung Cikuray di Garut cukup populer di kalangan traveler. Di puncaknya, traveler bahkan dapat melihat lautan awan yg indah.

Gunung Cikuray terletak didesa Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.821 MDPL dan yaitu gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede.

Gunung Cikuray tak mempunyai kawah aktif dan beriklim tropis basah. Yang menjadi daya tarik dari gunung Cikuray adalah menikmati sunrise dan sunset di puncaknya yg terkenal dengan sebutan Negeri Diatas Awan.

Jalur pendakian ke Gunung Cikuray ada 3 merupakan jalur Bayongbong, Cikajang, dan Cilawu (yang yaitu jalur favorit para pendaki).

Dalam pendakian Gunung inilah kalian (Titis Traveler, Ary, Iwan, dan Poker Adventure (Ari, Agoy, Dwiki, dan Hamzah) bertemu. Pertemuan dan perkenalan kalian bermula ketika bersama sama menaiki Mobil Pick Up menuju Stasiun Pemancar (Jalur pendakian Ciliwu).

Lalu kalian sepakat bagi mendaki bersama sama dalam sebuah tim dan berjanji buat tetap setia dalam suka maupun duka dalam pendakian ini. Oh So Sweet.

Perjalanan dengan menaiki mobil pick up bukanlah perjalanan yg terbilang mudah, karena medan jalan yg dilewati berupa batu batuan besar disertai dengan tanjakan yg terjal dan juga panjang.

Tak heran dua kali mobil kita kehilangan tenaga dan mengharuskan dua dari kita harus turun (mengurangi beban mobil). Kemudian mobil tersebut melakukan manuver mundur dan kembali maju dengan kecepatan tinggi. Ahh kaya lagu Syahrini maju mundur maju mundur cantik cantik.

Kami datang di Stasiun Pemancar sekitar pukul 07.30 WIB kemudian sarapan, minum teh dan kopi. Tempat ini disebut stasiun Pemancar karena di lokasi ini terdapat dua pemancar stasiun TV seperti MNC, Global TV, ANTV, dsb-nya.

Sekitar pukul 8, kalian memulai pendakian. Di awal pendakian menuju pos 1, kalian melewati perkebunan teh yg begitu hijau dan indah. Namun trek yg dilalui tergolong licin dan menanjak sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Tiba di Pos 1, Kami laporan, mengisi SIMAKSI dan perbekalan air karena pada jalur pendakian ini air cuma tersedia di pos 1. Total pos pada pendakian ini berjumlah 7 pos ditambah dengan pos bayangan.

Jarak antar pos pun bervariasi, tetapi jarak yg terjauh adalah jarak pos 1 ke pos 2 dan pos 2 ke pos 3. Berbicara tentang trek yg dilalui ketika pendakian, trek pendakian ini dapat dibilang angker.

Bukan angker dalam arti seram, namun mayoritas treknya licin, disertai dengan akar akar pohon, serta tanjakan dengan sudut sekitar 45-60 Derajat. Bahkan sangat jarang ditemui bonus (trek landai) yg yaitu trek favorit buat para pendaki.

Trek yg demikian membuat kalian banyak melakukan perhentian, tidak jarang kalian memakai istilah 2-5 merupakan 2 kali melangkah, 5 menit istirahat.

Jam demi jam selalu berlalu, rasa lelah dan mengantuk yg luar biasa terkadang membuat kita ingin menyerah. Di sinilah aku baru menyadari bahwa benar apa yg dikatakan para pendaki, bahwa seorang pendaki harus coba Gunung Cikuray.

Penantian panjang kita akhirnya terhenti, setelah kita datang di Pos Bayangan sekitar pukul 17.00 WIB. Total waktu pendakian yg kalian tempuh adalah 9 Jam.

Tanpa berpikir panjang kalian langsung mendirikan tenda (karena suhu dingin disertai angin kencang membuat tubuh kalian kedinginan). Selesai mendirikan tenda kita lanjutkan dengan memasak, setelah itu kita bersitirahat.

Pukul 04.30 WIB kalian telah terbangun, menikmati secangkir kopi dan mempersiapkan perlengkapan buat summit. Jarak dari Pos Bayangan ke Puncak Cikuray tidaklah terlalu jauh.

Ketika kita datang di puncak, ternyata telah banyak pendaki yg menantikan sunrise. Sunrise pun muncul dengan keindahannya. Puncak Cikuray yg dikeliling gunung-gunung dan berada di atas awan. Dari puncak ini pun kita mampu melihat keindahan kota Garut. Luar biasa!

Rasa lelah pendakian panjang kita terbayar lunas dengan pemandangan indah di puncak Gunung Cikuray. Lunas bukan kredit. Kabut pun turun, kita menetapkan kembali ke tenda bagi sarapan dan packing.

Selesai packing kalian melakukan penurunan. Waktu yg kita tempuh ketika penurunan tak selama waktu ketika pendakian. Begitu pula rasa lelah ketika penurunan tak selelah ketika pendakian.

Gunung Cikuray memang menyajikan pemandangan yg luar biasa indah. Tak jarang banyak pendaki yg ingin ke sini. Namun, belajar dari pengalaman para pendaki terdahulu alangkah baiknya ketika ke sini memakai sepatu gunung.

Pastikan keadaan tubuh dalam kondisi fit. Istirahat cukup sehari sebelum pendakian dan seandainya lelah jangan memaksakan diri buat selalu mendaki.

Gunung Cikuray sudah mempertemukan dan mengikat kalian dalam sebuah ikatan persahabatan. Demikian kisah kami, dan kisah kita tak mulai berhenti di sini. Salah sesuatu tempat terbaik menemukan sahabat adalah gunung.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/15/113000/3406692/1025/cikuray-keindahan-negeri-di-atas-awan
Terima kasih sudah membaca berita Cikuray, Keindahan Negeri di Atas Awan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cikuray, Keindahan Negeri Di Atas Awan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.