Cicipi Nasi Sek Bisa Menggoyang Lidah

No comment 91 views

Berikut artikel Cicipi Nasi Sek Bisa Menggoyang Lidah, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Menjelajah Kota Pariaman, Sumatra Barat tak melulu-lulu fokus mencari wisata baharinya saja. Memang kemolekan pesisir pantai dan pulau-pulaunya begitu memikat pengunjung namun tak lengkap rasanya bila tak menikmati kuliner khas Kota Pariaman ini. Nasi Sek salah satunya.

 

 

Wow, Nasi Sek! Makanan apa itu? Hehe. Tenang tak perlu histeris dan berpikir negatif dahulu ya. Nama kuliner ini memang membuat geli-geli sedap gimana gitu dan membayangkan hal yg enak-enak. Cukup asing didengar dan tak sefamiliar Nasi Padang.

 

Nasi Sek ditulisnya dengan hurus terakhir K dan bukan huruf X yg menjadi Nasi Sex tetapi Nasi Sek. Nasi Sek ini memang memiliki nama yg unik, berasal dari singkatan Nasi “Seratus Kanayng”  atau seratus kenyang. Tapi itu dulu, buat harga sekarang tentunya mengikuti perkembangan zaman ketika ini. Dulu awalnya Nasi Sek ini muncul  tidak seperti di tahun 1980-an ketika pertama kali muncul dan diperkenalkan kala itu oleh Bupati Anas Malik. 

 

Nasi Sek salah sesuatu bentuk nama kuliner di Minangkabau yg berasal dari Kota Pariaman. Nasi ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk kerucut menyerupai limas. Ukuran nasinya tak begitu besar, kira-kira segenggam tangan orang dewasa. Nasi bungkus dengan porsi mini. Seperti nasi kucing.

 

Mencicipi nasi sek ini tak cuma nasinya saja, tentu harus ada lauk pauknya. Biasanya dihidangkan bersama gulai ikan laut, goreng ikan teri balado, ikan bakar, anayang, sala ikan, sala cumi-cumi, samba lado jengkol, cabai ijo dan lauk lainnya tergantung tempat makannya. 

 

Nasi Sek dihidangkan lesehan dan makannya dengan memakai tangan. Selain itu lebih nikmat makan Nasi Sek ditemani dengan air kelapa muda, apalagi pake susu dan perasan jeruk. Wis sedapnya.

 

Nasi Sek ini gampang dijumpainnya. Berada di sepanjang Pantai Gandoria, yg notabenenya jantungnya destinasi wisata Kota Pariaman. Tempat ini terus yg ramai dipadati pengunjung ketika akhir pekan, terutama masuk musim liburan dan saat tradisi Pesona Hoyak Tabuik Piaman.

 

Nasi Sek dan Pantai Gandoria tak mampu dipisahkan. Kepopulerannya ini turut mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, sekaligus menjadikan Nasi Sek ini sebagai kuliner yg wajib diburu bila menjelajah Kota Pariaman.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/18/112500/3323052/1025/cicipi-nasi-sek-bisa-menggoyang-lidah
Terima kasih sudah membaca berita Cicipi Nasi Sek Bisa Menggoyang Lidah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cicipi Nasi Sek Bisa Menggoyang Lidah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.