Cerita Di Balik Tarian Pendulang Timah Di Belitung

No comment 239 views

Berikut artikel Cerita di Balik Tarian Pendulang Timah di Belitung, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Saat Festival Laskar Pelangi, tari kolosal pendulang timah ditampilkan. Ada cerita yg patut disimak di balik tarian ini.

Seperti anak-anak di Belitung, mereka antusias sekali menjadi bagian dari penari timah dalam Festival Laskar Pelangi 2016 yg berlangsung pada 23 Oktober 2016.

Ada tujuh cat warna yg digunakan, uniknya cat warna ini berasal dari campuran kaolin dan pewarna makanan. Meski berwarna pekat, tetapi aman dan gampang dibersihkan. Tujuh warna yg dipilih melambangkan Laskar Pelangi dan bahan dasar kaolin sendiri dipilih buat menggambarkan timah.

Setidaknya ada 700an anak yg ikut serta menjadi penari pendulang timah dalam Festival Laskar Pelangi 2016. Meski ikut serta dalam tarian, tidak segala anak mengerti makna dan kandungan yg tersimpan dari tarian ini.

Ide tarian dicetuskan oleh Andrea Hirata. Tarian ini sengaja dijadikan sebagai salah sesuatu ikon pada puncak acara Festival Laskar Pelangi dengan alasan ingin merepresentasikan kehidupan masyarakat di Pulau Belitung.

“Saya merinding, jadi kalo sebenarnya ingin menceritakan tarian ini sebenarnya ini cerita sedih. Kalau kami mencari timah itu tak ada sukses atau maju selamanya, seandainya ada yg sukses itu hanyalah kebohongan atau kiasan belaka,” jawab Fahmi, warga asli Belitung yg aku tanyakan makna dari tarian kolosal ini.

“Sudah banyak hal ini terjadi di masyarakat Belitung. Ketika dia hari ini mendapatkan timah, mungkin awalnya sejahtera, dulu sesuatu tahun kemudian atau kurang dari itu dia kembali jatuh miskin. Jadi itu segala kepalsuan,” tambahnya.

Festival Laskar Pelangi sebelumnya sudah berlangsung dari tahun 2010, 2014, 2015 dan buat tahun 2016 ini acara puncaknya di pusatkan di Bundaran Satam, Tanjung Pandan.

Antusias penonton tidak cuma tiba dari masyarakat sekitar, tapi juga mengundang banyak wisatawan. Harapannya ke depan Festival Laskar Pelangi menjadi kalender event tahunan dari pemerintah.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/20/114000/3375247/1025/cerita-di-balik-tarian-pendulang-timah-di-belitung
Terima kasih sudah membaca berita Cerita di Balik Tarian Pendulang Timah di Belitung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cerita Di Balik Tarian Pendulang Timah Di Belitung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.