Catat, Jenis “Sunblock” Ini Bisa Merusak Terumbu Karang

No comment 111 views

Berikut artikel Catat, Jenis “Sunblock” Ini Bisa Merusak Terumbu Karang, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan sunblock adalah cara paling ampuh buat melindungi kulit Anda, sekaligus mencegah kanker. Namun, apakah sunblock yang Anda gunakan ramah lingkungan?

Seringkali, yg diperhatikan banyak orang ketika membeli sunblock hanyalah SPF-nya. Padahal, kandungan yg ada di dalam sunblock tersebut juga tak kalah pentingnya.

Ada sunblock yang mengandung Oxybenzone, kandungan yg mampu merusak biota laut. Tim peneliti yg dipimpin oleh Craig Down dari Haereticus Environmental Laboratory di Virginia menemukan bahwa Oxybenzone benar-benar merusak terumbu karang.

Oxybenzone tak cuma merusak biota laut yg sudah dewasa tetapi juga merusak komponen genetik yg membuat tak dapat berkembang dengan sempurna. Oleh karena itu, sebelum membeli sunblock, ada baiknya perhatikan komposisinya terlebih dahulu.

“Ini kesalahan hampir segala orang, menggunakan sunblock tanpa melihat bahan-bahannya,” tutur Nesha Ichida, Co-Founder & Director of Sustainability and Development Divers Clean Action, kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Bahan kimia Oxybenzone ada di hampir segala jenis sunblock. Oleh karena itu, Nesha mengimbau wisatawan buat memilih dengan teliti.

Selain sunblock, wisatawan juga harus pintar memilih sabun dan sampo. Pantangan paling penting adalah sabun atau sampo yg mengandung microbeads, butiran-butiran mungil yg terbuat dari plastik. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/14/100500027/Catat.Jenis.Sunblock.Ini.Bisa.Merusak.Terumbu.Karang
Terima kasih sudah membaca berita Catat, Jenis “Sunblock” Ini Bisa Merusak Terumbu Karang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Catat, Jenis “Sunblock” Ini Bisa Merusak Terumbu Karang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.