Catat, Ini 7 Tips Fotografi Perjalanan

No comment 122 views

Berikut artikel Catat, Ini 7 Tips Fotografi Perjalanan, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Teknologi yg semakin berkembang, berhasil melahirkan fotografer amatir maupun profesional. Salah sesuatu momen yg tidak luput dari bidikan kamera para fotogafer ini adalah perjalanan.

“Sekarang segala orang mampu memotret meskipun tidak milik kamera DSLR, prosumer, atau mirrorless. Dari kamera handphone juga dapat mengabadikan foto perjalanan,” kata fotografer Kompas.com, Roderick Adrian Mozes pada acara workshop fotografi perjalanan bersama Ezytravel, di Universitas Bunda Mulia, Kamis (24/11/2016).

Agar dapat menghasilkan foto perjalanan yg berkualitas, Roderick memberi tujuh langkah gampang yg mampu dipraktekan, berikut uraiannya:

1. Lakukan riset

Riset, menurut fotografer yg sudah berkecimpung di dunia fotografi sejak tahun 2004 ini, adalah hal penting. Terutama bagi mengetahui keadaan lingkungan yg mulai dipotret. Penelitian bisa dikerjakan dengan mencari di internet atau bertanya segera pada kenalan.

2. Mendalam

“Fotografi perjalanan yg baik adalah yg mengenal orang dan kisah di baliknya,” kata Roderick. Semakin lama di suatu tempat, menurutnya, fotografer mulai memiliki peluang menemukan hal-hal baru.

3. Otentik

Lensa tele yg selama ini menjadi andalan bagi memotret manusia, nyatanya membuat banyak orang jadi risih. “Belajar dari lensa jarak menengah, berkomunikasi dengan sumber. Semakin nyaman semakin gampang mendapat foto-foto bagus,” kata Roderick.

4. Kuasai alat

Menurut Roderick, menguasai fitur-fitur di kamera jadi hal utama bagi mendapatkan hasil foto yg maksimal.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Taman Bunga Tulip Keukenhof di Lisse, Belanda, Rabu (11/5/2016). Taman seluas 32 hektar ini menyimpan 7 juta macam bunga dan tahun ini taman ini dibuka pada periode 24 Maret – 16 Mei 2016.

5. Buat catatan

Catatan atau caption yg mewakili foto juga menjadi nilai tambah dari foto perjalanan.

6. Hormati budaya setempat

Dari fotografi bisa mengajarkan seseorang bagi lebih menghormati budaya setempat ketika melakukan perjalanan. “Contohnya hampir tidak ada fotografer yg buang sampah sembarangan ketika traveling,” katanya

7. Jangan lupa bersenang-senang

Terakhir, Roderick menyampaikan bersenang-senang adalah unsur utama bagi mengabadikan fotografi perjalanan yg baik dan menarik.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/25/094959727/catat.ini.7.tips.fotografi.perjalanan
Terima kasih sudah membaca berita Catat, Ini 7 Tips Fotografi Perjalanan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Catat, Ini 7 Tips Fotografi Perjalanan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.