Cara Memajukan Pariwisata Tana Toraja

No comment 120 views

Berikut artikel Cara Memajukan Pariwisata Tana Toraja, Semoga bermanfaat

Tana Toraja – Tana Toraja di Sulawesi Utara begitu kaya dengan alam dan budaya. Namun itu semua, alangkah baiknya ditunjang dari segi infrastruktur dan aksesibilitas.

Pada hari Minggu (22/1/2017), Wapres Jusuf Kalla beserta Menpar Arief Yahya melakukan peninjauan lokasi bandara Buntu Kunyi di Tana Toraja. Ini dikerjakan bagi meningkatkan pariwsata Tana Toraja yg kaya dengan budaya.

“Kenapa Toraja mampu bertahan dengan budayanya? Ini bagaimana kita mampu menghadirkan, menghargai dan memfasilitasi adat istiadat di tana toraja,” kata Nicodemus Biringkanae, Bupati Tana Toraja.

Tana Toraja (Tator) memang milik banyak harta karun untuk para wisatawan. Namun sayangnya perjalanan menuju Tator harus ditempuh dalam waktu 7-8 jam perjalanan darat.

“Kasian wisatawan dari Jerman misalnya yg hanya milik waktu 3 hari, 2 hari saja habis bagi perjalanan. Sampai sini hanya istirahat karena capek,” ucap Nicodemus.

Salah sesuatu yg terkenal lainnya di sana adalah Kopi Toraja. Kopi Toraja yaitu magnet untuk wisatawan lokal maupun mamcanegara. Kopi ini berasal dari Pango-pango. Selain kopi, ternyata Pango-pango juga memiliki atraksi 3 warna awan. Atraksi ini dapat traveler lihat ketika sunrise.

“Wisata ke Pango-pango saja mengahasilkan 500 wisawatan per hari. Yang kita butuhkan buat memajukan Tator adalah infrastruktur. Tanpa infestor dan pembangunan maka turis mulai sulit mencapai Tator,” jelas Nicodemus.

Bupati berharap pembangunan Bandara Buntu Kunyi mulai selesai dalam 2 tahun. Tak mau segera Internasional, Bupati ingin akses dengan pesawat ATR menjadi pionir di Buntu Kunyi.

“ATR saja dulu, biar wisatawan yg lanjut usia mampu tiba ke sini,” jelas Nicodemus.

Bupati berharap nantinya mulai ada 150 wisman dan 300 wisnus per harinya. Sehingga Tator berkontribusi makin banyak dalam pariwisawa Indonesia. (aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/22/121358/3402345/1382/cara-memajukan-pariwisata-tana-toraja
Terima kasih sudah membaca berita Cara Memajukan Pariwisata Tana Toraja. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cara Memajukan Pariwisata Tana Toraja"