Cantik! Ini Air Terjun Gunung Gede Pangrango

No comment 152 views

Berikut artikel Cantik! Ini Air Terjun Gunung Gede Pangrango, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Untuk mencapai ke lokasi dari Jakarta, kalian berkumpul di Terminal Kampung Rambutan. Selanjutnya menuju Cibodas dengan bus yg melewati puncak. Turun di pertigaan Cibodas atau tepatnya di depan RSUD Cimacan dilanjutkan naik angkot berwarna kuning dengan tarif Rp 3.000

Tiba di pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kita melapor kepada petugas dan membayar tiket masuk sebesar Rp 18.500. Usai mendapatkan tiket masuk, kalian memulai trekking ke Air Terjun Cibeureum yg memiliki jarak sekitar 2,6 Km dan biasanya bisa ditempuh selama sesuatu jam berjalan kaki.

Perjalanan menuju Air Terjun Cibeureum sangat menyenangkan, akan di awal jalur kalian disuguhkan dengan pemandangan hutan tropika yg lebat. Di awal jalur juga kita melihat sepasang lutung yg sedang asik mencari makan di antara dahan-dahan.

30 menit berjalan kalian datang di Pos Telaga Biru dimana terdapat telaga yg airnya berwarna biru. Birunya air di telaga ini karena banyak terdapat ganggang biru di dalam telaga.

Setelah Pos Telaga Biru selanjutnya adalah Jembatan Gayonggong, jembatan ini dibuat karena dibawahnya terdapat rawa yg yaitu cekungan yg terbentuk dari kawah mati kemudian menampung aliran air dari tempat yg lebih tinggi. Rawa ini yaitu daerah jelajah Macan Tutul serta tempat hidup berbagai macam burung rawa khas pegunungan.

Dari Jembatan Gayonggong selanjutnya terdapat Pos Payangcangan Kuda. Disini terdapat beberapa cabang merupakan ke kiri ialah jalur menuju Puncak Gunung Gede Pangrango dan kanan ialah jalur menuju Air Terjun Cibeureum.

Dari sini Air Terjun Cibeureum tidak jauh lagi, cuma tinggal 200 meter saja. Setelah sesuatu jam trekking, akhirnya kita datang di Air Terjun Cibeureum.

Ternyata disini terdapat tiga air terjun merupakan Air Terjun Cibeureum dan beberapa air terjun yang lain yg lebih kecil, Curug Cidendeng dan Curug Cikundung.

Dibandingkan dengan yg lain, Air Terjun Cibeureum adalah yg terbesar dan paling pendek. Letaknya yg lebih terbuka serta dekat dengan shelter membuatnya lebih banyak dikerumuni oleh pengunjung.

Curug Cidendeng berada di sebelah kanan Cibeureum, debit airnya tak sederas Cibeureum namun ia lebih tinggi. Dan yg paling kanan dan agak tersembunyi karena berada di ceruk beberapa tebing merupakan Curug Cikundul.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/21/093900/3376524/1025/cantik-ini-air-terjun-gunung-gede-pangrango
Terima kasih sudah membaca berita Cantik! Ini Air Terjun Gunung Gede Pangrango. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cantik! Ini Air Terjun Gunung Gede Pangrango"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.