Cantik Dan Populer, Ini Air Terjun Piala Di Kota Luwuk

No comment 320 views

Berikut artikel Cantik dan Populer, Ini Air Terjun Piala di Kota Luwuk, Semoga bermanfaat

Luwuk – Liburan ke Sulawesi Tengah kurang terasa kalau tidak berkunjung ke Air Terjun Piala yg populer di Kota Luwuk. Di sini air terjunnya berwarna hijau!

Pesona alam Kota Luwuk memang pantas diacungi jempol. detikTravel mendapat undangan dari Donggi-Senoro LNG, Jumat (2/12/2016) bagi berkunjung ke salah sesuatu destinasi favorit ini.

Air Terjun Piala berada dekat dengan Kota Luwuk. Hanya berjarak 15-20 menit ke Kelurahan Hanga-hanga.

Air Terjun Piala dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yg dikelola oleh swasta kemudian dijual ke PLN. Sehingga bagi naik ke kawasan air terjun, traveler harus melewati pintu air PLTMH. Dari sini aliran berwarna hijau telah kelihatan mengalir turun ke arah kota.

Cantik dan Populer,  Ini Air Terjun Piala di Kota LuwukFoto: Derasnya arus sungai Piala (Bonauli/detikTravel)

Tangga pintu air sedikit curan tanpa ada pegangan di sisinya. Traveler musti berhati-hati dan menggunakan alas kaki yg tidak licin.

Perjalanan dari pintu air ke dalam kawasan Air Terjun Piala cuma sekitar 10 menit. Namun trek curam dan licin menjadi tantangannya.

Akar pohon dan ranting rendah menjadi alat bantu buat naik ke Piala. Suara air terjun yg menggema keras mulai menemani perjalanan trekking traveler.

Setelah sampai, hijaunya air yg dikelilingi pepohonan mulai memanjakan mata. Air terjun yg bertingkat-tingkat mampu jadi spot foto yg instagenic.

Cantik dan Populer,  Ini Air Terjun Piala di Kota LuwukFoto: Pengunjung yg berfoto di Air Terjun Piala (Bonauli/detikTravel)

Tapi traveler harus berhati-hati karena sungai di bawah air terjun sangat deras dan dalam. Kalau mau menyeberang bagi melihat air terjun lebih dekat juga bisa.

Traveler harus menyeberang dengan berpegangan pada akar pohon yg memotong sungai. Akar pohon telah diikatkan dengan batang pohon di pinggir sungai.

“Sungai di bawah air terjun itu dalam sekali. Biasanya ada orang yg lompat dari atas air terjun, tak apa-apa,” kata Rahmat Azis Media Relations Offiver Donggi-Senoro LNG, kepada detikTravel.

Kedalaman sungai Piala diperkirakan sampai 4 meter. Traveler yg tak dapat berenang atau mau foto-foto musti hati-hati ya.

Kawasan Air Terjun Piala baru populer selama setahun ini. Banyak juga pengunjung yg tiba bagi bersantai dan bakar ikan di samping sungai.

“Kalau lagi ramai biasanya hari libur atau Minggu banyak yg bakar-bakar. Tapi malah meninggalkan sampah di pinggir sungai,” ungkap Rahmat.

Wah, Indonesia telah diberi alam yg begitu bagus dan Indah. Sudah sepatutnya ya kami jaga dengan tak meninggalkan sampah. Sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

Cantik dan Populer,  Ini Air Terjun Piala di Kota LuwukFoto: Sampah plastik yg ditinggalkan oleh pengunjung (Bonauli/detikTravel)

(bnl/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/05/085500/3362577/1519/cantik-dan-populer–ini-air-terjun-piala-di-kota-luwuk
Terima kasih sudah membaca berita Cantik dan Populer, Ini Air Terjun Piala di Kota Luwuk. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Cantik Dan Populer, Ini Air Terjun Piala Di Kota Luwuk"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.