Candi Seribu Wajah Yang Unik Di Kamboja

No comment 74 views

Berikut artikel Candi Seribu Wajah yang Unik di Kamboja, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Apabila Indonesia milik Candi Borobudur, maka Kamboja milik candi Buddha Prasat Bayon. Inilah candi yg milik seribu wajah.

Ini adalah kali kedua mengunjungi Candi Seribu Wajah dalam waktu sekitar empat tahun dahulu dan terus memukau pengunjung. Prasat Bayon, sebuah candi Buddha yg dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Buddha Mahayana – Jayawarman VII.

Ketika beliau meninggal, para pengikutnya akan memahat wajah sang raja yg tersenyum seperti senyum Buddha di dinding candi.

Candi Bayon yaitu candi terakhir yg dibangun di kota kuno Angkor dan satu-satunya candi yg dibangun sebagai tempat ibadah umat Buddha.

Ada 216 buah wajah raksasa yg sedang tersenyum dan dianggap sebagai senyuman sang Raja Jayawarman VII. Tetapi ada yg menyebut bahwa wajah yg tersenyum tersebut lebih mirip dengan sang Buddha.

Sementara menurut para ahli, sang Raja dulunya menganggap dialah sebagai Raja Diraja sehingga mengganggap bahwa dirinya lah sang Buddha. Ketika beliau wafat, kerajaannya beralih kembali ke Hindu dan candi tersebut beralih fungsi menjadi Candi Hindu dan dianggap sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.

Di awal abad 20, restorasi akan dikerjakan oleh pemerintah Prancis dan dibantu oleh Japan Foundation. Setiap dinding dipahat dengan relief menceritakan kehidupan bangsa Angkor lalu kala. Bahkan ada penggambaran mengenai pertempuran bangsa Kmer dan Champ yg masih sesuatu wilayah di Kamboja.

Salah sesuatu candi mempunyai tinggi 43 meter dengan relief wajah setinggi 3 meter dan mempunyai 4 sisi yg menuju ke empat arah mata angin. Waktu terbaik mengunjungi candi ini merupakan di pagi atau sore hari saat matahari sedang bersahabat.

Siang hari candi ini penuh dengan wisatawan asing dan sangat ramai sekali. Tapi wajah raksasa yg sedang tersenyum inilah yg berhasil memukau dunia dan didatangi oleh jutaan wisatawan asing.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/04/03/114400/3416985/1025/candi-seribu-wajah-yang-unik-di-kamboja
Terima kasih sudah membaca berita Candi Seribu Wajah yang Unik di Kamboja. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Candi Seribu Wajah Yang Unik Di Kamboja"