Candi Borobudur Membosankan? Coba Dulu 4 Kegiatan Ini

No comment 77 views

Berikut artikel Candi Borobudur Membosankan? Coba Dulu 4 Kegiatan Ini, Semoga bermanfaat

Magelang – Liburan ke Magelang, tentu tak lengkap tanpa mampir ke Candi Borobudur. Walau telah populer, ternyata masih ada lagi 4 kegiatan menarik di Borobudur yg mampu dicoba.

Sekedar berfoto atau melihat sunrise di Candi Borobudur yg megah mungkin telah biasa. Namun selain itu, ada sejumlah kegiatan menarik yg mampu dikerjakan di Borobudur mumpung masih libur sekolah.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (14/7/2016), setidaknya ada 4 kegiatan seru di sekitar Candi Borobudur yg mampu dicoba oleh traveler ketika liburan ke sana:

1. Naik Gajah

(Borobudur Park)

Melihat dan naik gajah tak cuma dapat dikerjakan di kebun binatang, tetapi juga di komplek Candi Borobudur. Lewat program Elephant Back Safari, traveler dapat mencoba naik gajah sambil mengagumi indahnya Borobudur dan alam di sekitarnya.

Paket keliling naik gajah itu pun memiliki variasi harga dari Rp 250 ribu hingga Rp 1.250 ribu per orang sekali naik. Harganya disesuaikan dengan durasi hingga destinasi wisata yg ingin dikunjungi.

Selain paket keliling naik gajah, traveler juga dapat berfoto dengan gajah (Rp 10 ribu/pose), memberi makan gajah (Rp 15 ribu/paket makanan gajah), memandikan gajah (Rp 20 ribu/orang) hingga cuma menaiki punggung gajah (Rp 50 ribu/orang).

2. Melihat Borobudur dari Punthuk Setumbu

(Teguh Tofik Hidayat/d’Traveler)

Bagi Anda yg ingin melihat Borobudur dari sisi berbeda, mampu mampir ke Punthuk Setumbu. Bukit tersebut berada di sebelah barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini sangat cocok bagi menikmati pemandangan matahari terbit dengan latar Candi Borobudur di kejauhan.

Bahkan Punthuk Setumbu sempat menjadi salah sesuatu setting di film AADC2 lho. Jadi jangan sampai Anda lupa bagi mampir ke Puthuk Setumbu ketika singgah ke Borobudur.

3. Singgah ke Galeri Unik & Seni Borobudur Indonesia (GUSBI)

(GusbiBorobudur/Facebook)

Masih di dalam komplek Candi Borobudur, traveler bisa menemukan Galeri Unik & Seni Borobudur Indonesia atau biasa disingkat GUSBI di bagian belakang candi. Sesuai namanya, traveler mampu melihat aneka barang bersejarah hingga seni bernuansa Jawa.

Contohnya seperti patung Buddha emas terkecil, patung loro blonyo hingga manusia terpendek dari Magelang. Ada banyak keunikan yg dapat dilihat di dalamnya.

Selain itu traveler juga mampu melakukan berbagai aktivitas sarat edukasi. Misalnya seperti membuat kerajinan gerabah dari tanah liat, mengupas kopi secara tradisional hingga menumbuk padi dengan lesung. Pokoknya menarik!

4. Berwisata di Museum Kapal Samudraraksa

(Museum Kapal Samudraraksa/Facebook)

Terinsipirasi dari sebuah relief bergambar kapal di Candi Borobudur, seorang mantan Angkatan Laut Inggris bernama Phillipe Beale berkeinginan bagi mmebuat replikanya. Setelah menunggu lebih dari 20 tahun, akhirnya kapal tersebut bersiap dan diuji mencoba pada tahun 2003 silam.

Kemudian kapal itu berangkat dari Bali menuju Jakarta pada 22 Juli 2013. Setibanya di Jakarta, kapal itu diberi nama Samudraraksa yg berarti pelindung lautan oleh Presiden Megawati. Momen itu juga menjadi pelepasan kapal sebelum berlayar ke Ghana di Afrika.

Setelah menyelesaikan ekspedisi dan datang di Ghana, kemudian kapal Samudraraksa dibongkar dan dirakit kembali di Borobudur dan dimuseumkan. Perahu itu pun mampu dilihat di Borobudur sekaligus menjadi pengingat mulai keperkasaan nenek moyang kalian di lautan.

Museum buka setiap hari dari pukul 06.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya telah termasuk dalam tiket Candi Borobudur. Namun traveler diharuskan merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu seandainya ingin masuk ke dalam kapalnya.

Jadi tak cuma dapat melihat Borobudur, traveler juga mampu melakukan banyak kegiatan menarik di sekitar candi. Ayo langsung liburan ke Borobudur dan mencoba empat kegiatan di atas. (rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/14/081000/3252904/1519/candi-borobudur-membosankan-coba-dulu-4-kegiatan-ini
Terima kasih sudah membaca berita Candi Borobudur Membosankan? Coba Dulu 4 Kegiatan Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Candi Borobudur Membosankan? Coba Dulu 4 Kegiatan Ini"