Buton, Si Cantik Tetangga Wakatobi Yang Belum Dilirik

No comment 121 views

Berikut artikel Buton, Si Cantik Tetangga Wakatobi yang Belum Dilirik, Semoga bermanfaat

Buton – Wakatobi yaitu sesuatu dari 10 destinasi wisata prioritas Kementerian Pariwisata. Tetangganya, Buton bersiap mencuri hati wisatawan dengan alam yg tidak kalah indah.

Baik Wakatobi dan Buton, posisinya ada di Sulawesi Tenggara. Asal tahu saja, Wakatobi yaitu pemekaran dari Kabupaten Buton. Jarak keduanya tidak terlalu jauh cuma sekitar 1-2 jam naik boat.

“Pemerintah jangan cuma mem-push Wakatobi saja, tetapi harusnya Buton juga. Buton juga indah dan cantik, lalu saja Bu Mari Elka (mantan Menparekraf) suka ke sini,” ujar Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun kepada awak media di Alun-alun Takawa Pasarwajo, Buton, Senin (22/8) malam kemarin.

Dirinya menambahkan, soal pantai dan dunia bawah laut, Buton milik banyak destinasinya. Ada Pantai Koguna yg pasir putihnya membentang sepanjang 1 km. Kemudian, 37 titik selam yg salah satunya juga di daerah Pasarwajo.

Saat menyelam, siap-siap melihat mandarin fish dan kapal-kapal karam yg usianya ratusan tahun silam. Bahkan, terdapat jangkar raksasa yg tingginya 9 meter dan penyelam mampu meliuk-liuk di antara rantainya.

“Kami milik atraksi budaya, Festival Budaya Tua Buton yg tahun 2016 ini memasuki tahun ke-4. Ada 10.000 penari dan pesta hiburan rakyat yg berlangsung dari tanggal 19-24 Agustus di Alun-alun Takawa Pasarwajo,” papar pria yg akrab disapa Umar tersebut.

Hutan Lambusango (Afif/detikTravel)
Danau Udang Merah yg dikeramatkan (Afif/detikTravel)

Umar melanjutkan, sesuatu lagi yg dipunyai Buton dan tak ada di Wakatobi adalah hutan. Buton memiliki Hutan Lambusango seluas 20 ribu hektar lebih dengan kenanekaragaman flora dan fauna. Tarsius, primata terkecil di dunia ada di sana. Satu lagi, ada Danau Udang Merah yg dikeramatkan.

detikTravel pun menjelajahi berbagai destinasi di Buton. Tunggu artikel selengkapnya terkait Festival Budaya Tua serta destinasi-destinasi di tempat yg dijuluki Kota 1.000 Benteng ini. (wsw/wsw)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/24/075000/3282038/1519/buton-si-cantik-tetangga-wakatobi-yang-belum-dilirik
Terima kasih sudah membaca berita Buton, Si Cantik Tetangga Wakatobi yang Belum Dilirik. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Buton, Si Cantik Tetangga Wakatobi Yang Belum Dilirik"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.