Bupati Nias: Kepulauan Kami Memenui Syarat Jadi Provinsi

No comment 125 views

Berikut artikel Bupati Nias: Kepulauan Kami Memenui Syarat Jadi Provinsi, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepulauan Nias kini masih berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Meski begitu, Bupati Nias menegaskan, kepulauan tersebut telah cukup syarat bagi menjadi provinsi sendiri.

“Saya jelaskan sedikit tentang keadaan Kepulauan Nias. Ada total 132 pulau dengan Nias sebagai yg terbesar. Luas Pulau Nias adalah 5.625 Km2 dengan jarak 80 mil laut dari daratan Sumatera,” tutur Bupati Kabupaten Nias, Sokhiatulo Laoli. 

Hal itu dikemukakan Sokhiatulo Laoli dalam acara peluncuran tagline “Nias Pesona Pulau Impian” yg diresmikan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2016).

“Jumlah penduduknya, berdasarkan sensus 2014 ada 763.410 jiwa. Bukan hanya sesuatu wilayah, Kepulauan Nias terbagi menjadi 4 kabupaten dan sesuatu kota,” tambah dia.

BARRY KUSUMA Tradisi Hombo Batu atau lompat batu di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Kelimanya adalah Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan (pemekaran 2003), Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, dan Kota Gunungsitoli (pemekaran 2008).

“Hal itu membuktikan bahwa Nias telah memenuhi syarat minimum bagi menjadi sebuah provinsi,” tuturnya ketika membuka pidato, disusul tepuk tangan meriah oleh tamu dan undangan yg hadir di Balairung Soesilo Soedarman hari itu.

Bupati Sokhiatulo mengatakan, pemerintah pusat sedang mempertimbangkan pemekaran Kepulauan Nias.  “Sekarang sedang digulirkan. Diharapkan langsung ada pemekaran dari pemerintah pusat agar kami (Nias-red) berdiri sendiri,” tutur dia. 

Kepercayaan diri Nias buat ‘berdiri sendiri’, kelihatan dari pidato sang Bupati, sedikit banyak disebabkan oleh banyaknya potensi wisata. Ada lebih dari 80 potensi wisata di segala wilayah Nias, termasuk ombak surfing kelas dunia. 

“Tiap kabupaten dan kota memiliki spot wisata. Namun, yg masih jadi persoalan adalah aksesibilitas dan sarana transportasi menuju spot-spot tersebut,” paparnya.

KOMPAS.com/HENDRIK YANTO HALAWA Setiap kapal pesiar yg masuk ke Kabupaten Nias Utara harus terus singgah ke Pelabuhan Laut di Lahewa, dan sudah mendapat izin berlayar dari KPLP setempat.

Pemasukan dari pariwisata itulah yg mulai menjadi salah sesuatu penyokong penting Nias, nanti, seandainya telah menjadi provinsi.

“Rumah adat, tradisi lompat batu, pantai-pantai telah jadi incaran wisatawan sekarang. Saya percaya Nias mampu jadi kawasan strategis pariwisata nasional,” jelas Bupati Sokhiatulo.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/03/201700227/Bupati.Nias.Kepulauan.Kami.Memenui.Syarat.Jadi.Provinsi
Terima kasih sudah membaca berita Bupati Nias: Kepulauan Kami Memenui Syarat Jadi Provinsi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bupati Nias: Kepulauan Kami Memenui Syarat Jadi Provinsi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.