Bupati Malang: Suatu Saat Malang Jadi “Obat Stres” Wisatawan

No comment 150 views

Berikut artikel Bupati Malang: Suatu Saat Malang Jadi “Obat Stres” Wisatawan, Semoga bermanfaat

MALANG, KOMPAS.com – Bupati Malang Rendra Kresna berkeinginan bagi menjadikan wilayahnya yg memiliki banyak ragam destinasi wisata, menjadi “obat stres” untuk wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Suatu ketika nanti Kabupaten Malang mulai menjadi tujuan penting banyak wisatawan yg ingin menyegarkan diri menjauhi kepadatan aktivitas dan kesibukan di kota besar. Istilahnya, Malang menjadi ‘obat stres’ buat masyarakat Indonesia dan mancanegara,” kata Rendra Kresna di Malang, Jawa Timur, Sabtu (25/6/2016).

Menurut Rendra, pariwisata tak mulai pernah mati. Semakin maju suatu wilayah, semakin banyak butuh area wisata, sebab wisata itu dibutuhkan orang yg stres dan orang stres bukan butuh obat, tetapi butuh tempat pariwisata yg indah dan menyegarkan pikiran.

Apalagi, lanjut Rendra, pemerintah pusat juga menunjuk Kabupaten Malang sebagai salah sesuatu destinasi khusus buat tempat wisata andalan di Tanah Air buat Pulau Jawa, yakni area wisata Bromo Tengger Semeru (BTS).

“Kami harus menangkap maksud baik pemerintah pusat, menyiapkan sarana dan prasarana serta infrastruktur pariwisata yg dapat mendukung promosi Kabupaten Malang,” kata Rendra.

KOMPAS/DEFRI WERDIONO Sumber air Polaman di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bahkan, sambung Rendra, Kabupaten Malang juga memiliki daya dukung sebagai penopang pariwisata yg cukup lengkap, akan dari alam pantai, gunung, wisata sejarah hingga desa adat dan agrowisata. Karena itu, Pemkab Malang mulai mengintegrasikan tempat-tempat wisata di wilayah itu agar wisatawan yg berkunjung tak cuma mengunjungi sesuatu lokasi.

“Kami ingin orang tak cuma tiba saja ke Bromo Tengger Semeru, tetapi harus menikmati berbagai jenis wisata yang lain yg ada di Kabupaten Malang. Masyarakat sekitar dapat memanfaatkan ekonomi kreatif, pemerintah memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata tersebut,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menyampaikan buat menunjang arus kunjungan wisatawan sekaligus pengembangan BTS, pihaknya juga mulai mengembangkan 23 pantai potensial yg ada di sepanjang pesisir selatan Kabupaten Malang.

Menurut Made, puluhan pantai itu nanti mulai dipetakan sesuai potensinya, akan dari pantai konservasi, pengembangan mangrove dan produksi ikan. “Kami juga menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) buat pengembangan kawasan sentra ikan,” urainya.

Grand designnya, sambung Made, wisata laut mulai dilengkapi restoran yg memanfaatkan perahu layak pakai, dilengkapi dermaga di pantai yg memiliki kedalaman cukup buat bersandarnya perahu besar.

KOMPAS/DAHLIA IRAWATI Suasana Alun-alun Kota Malang, Jawa Timur, dengan pemandangan Masjid Jami’ Malang, Jumat (4/3/2016).

“Pak bupati (Rendra Kresna) inginnya kami milik wisata laut yg lengkap, namun kendalanya laut itu kan ada di wilayah Perhutani, jadi buat pengembangan harus berkoordinasi dengan mereka. Kami telah konsultasi dan Perhutani Jatim sangat mendukung,” paparnya.

Di sepanjang garis pantai Malang selatan akan dari Kecamatan Donomulyo yg berbatasan dengan Kabupaten Blitar hingga Kecamatan Ampelgading yg berbatasan dengan Kabupaten Lumajang banyak menyimpan pantai eksotik. Di antaranya adalah Pantai Lenggoksono, Sipelot, Pantai Tiga Warna, Pantai Batu Bengkung dan amsih banyak pantai-pantai eksotik lainnya.

Selain pantai, wisata sejarah maupun religi juga bakal dikembangkan bagi mendukung BTS sebagai salah sesuatu destiansi wisata andalan nasional bersama sembilan destinasi lainnya yg tersebar di wilayah Nusantara, seperti Danau Toba, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur dan lainnya.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/25/132800627/Bupati.Malang.Suatu.Saat.Malang.Jadi.Obat.Stres.Wisatawan
Terima kasih sudah membaca berita Bupati Malang: Suatu Saat Malang Jadi “Obat Stres” Wisatawan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bupati Malang: Suatu Saat Malang Jadi “Obat Stres” Wisatawan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.