Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah Di Banyuwangi

No comment 94 views

Berikut artikel Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah di Banyuwangi, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi penggemar durian merah banyuwangi, bersiaplah buat menyantap buah dengan daging berwarna cerah itu.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mulai menyelenggarakan acara Festival Durian Songgon di Kecamatan Songgon pada bulan Mei mendatang.

“Kita nanti adakan Festival Durian Songgon. Songgon itu pusatnya durian yg paling enak di Banyuwangi. Kita taruh di bulan Mei karena melihat masa panen durian di Songgon,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda ketika dihubungi KompasTravel, Rabu (4/1/2017).

(BACA: Cara Memilih Durian Merah Ternyata Beda dengan Durian Biasa)

Bramuda menyampaikan wisatawan mampu menemukan durian merah khas Banyuwangi pada Festival Durian Songgon.

Ia menyebut wisatawan dapat tiba dan menikmati durian merah yg dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.

“Songgon itu kan dikenal sebagai destinasi wisata juga. Bisa metik durian di sana. Kalau khusus durian, itu di Festival Durian Songgon. Tapi kalau festival durian dengan buah-buahan yang lain seperti mangga, pisang, jeruk, jambu nanti di acara Agro Expo bulan April,” katanya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Jenis durian merah Si Wuyut Desa Kemiren, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Ia menyampaikan festival durian biasanya diselenggarakan pada bulan Mei lantaran dicocokkan dengan masa panen buah durian. Bramuda menyebut seandainya curah hujannya lambat, musim panen durian di Banyuwangi dapat bergeser.

“Durian itu kan erat kaitannya panas. Kalau banyak hujan dapat pengaruh sama panennya,” ujarnya.

Ia menyampaikan melalui Festival Durian Songgon ini mampu mendorong dan mengangkat potensi lokal di Kecamatan Songgon. Selain itu, nantinya mulai didatangkan durian-durian merah dari kecamatan-kecamatan yang lain di Banyuwangi.

Seperti diketahui, durian-durian merah di Banyuwangi banyak dipanen dari kecamatan seperti Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin, dan Giri. Bramuda menambahkan, di Festival Durian Songgon, wisatawan mampu menemukan durian merah dengan harga sekitar Rp 250.000 per buah.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/04/170400727/bulan.april-mei.siap-siap.pesta.durian.merah.di.banyuwangi
Terima kasih sudah membaca berita Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah di Banyuwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah Di Banyuwangi"