Bukan Tortilla, Ini 3 Kuliner Meksiko Yang Patut Dicoba

No comment 69 views

Berikut artikel Bukan Tortilla, Ini 3 Kuliner Meksiko yang Patut Dicoba, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Makanan Meksiko tidak melulu seputar tortilla, nacho, atau sambal salsa. Meksiko adalah negara yg besar dengan 31 negara bagian dan latar belakang penduduk yg beragam.

Masyarakat Meksiko menyebut dirinya sendiri sebagai Mestizo lantaran begitu banyak pencampuran budaya di negerinya, baik dari Amerika Latin, Eropa, sampai Timur Tengah. Karena latar budaya itu pula, kuliner Meksiko begitu kaya.

Sebelum Anda bingung saat ingin mencicipi kuliner khas Meksiko, KompasTravel bertanya kepada koki kelahiran asli Meksiko, Euduardo Perez Romero dan Atase Kebudayaan dari Kedutaan Besar Meksiko bagi Indonesia, Luna Atzimba mengenai kuliner Meksiko.

Pertanyaannya adalah tiga makanan kebanggaan Meksiko yg ingin diperkenalkan ke masyarakat internasional. Keduanya berunding, kemudian inilah hasilnya.

1. Pozole

Pozole yg berarti hominy atau diartikan Bahasa Indonesia adalah bubur jagung. Pozole yg disajikan selagi hangat yaitu kombinasi dari bubur jagung yg dicampur daging (umumnya daging babi, namun mampu diganti ayam atau sapi) dan dibumbui cabai, bawang putih, kol, alpukat.

Agar tidak mengurangi cita rasa pedas, diberi sambal salsa. Pozole adalah salah sesuatu makanan yg terus ada di pesta perayaan penduduk Meksiko. Pesta pernikahan, ulang tahun, atau tahun baru di Meksiko, pasti ada menu Pozole.

ThinkStock Ayam dalam saus Mole Poblano khas Meksiko

2. Mole Poblano

Orang Meksiko tidak begitu suka mulai makanan bercita rasa manis, tapi mereka mengaku menyerah dengan sajian sesuatu ini. Mole poblano adalah daging ayam atau daging burung kalkun yg dilumuri dengan saus berbahan dasar cokelat. Ada beberapa versi sejarah yang berasal resep Mole Poblano yg telah sangat tua.

Pertama, Mole Poblano berasal dari Suku Aztec, sebelum zaman Hispanic. Versi kedua menyebut Mole Poblano berasal dari abad ke-16 ketika zaman kolonial. Sampai sekarang yang berasal resep ini masih menjadi perdebatan. Tetapi semuanya setuju seandainya mole poblano lezat!

3. Relleno Negro

Anda beruntung seandainya pernah mencicipi Relleno Negro. Sebab untuk orang Meksiko makanan ini adalah makanan langka. Metode serta bahan pembuatannya terbilang sulit. Sajian ini adalah daging ayam yg dimasak dengan cabai gosong hingga memberi warna hitam pada daging.

Selain itu metode memasak Relleno Negro terbilang sangat tua, dibuat oleh suku Maya dengan metode tradisional. Coba ketik di mesin pencaharian Google, sangat sedikit penjelasan perihal Relleno Negro, membuatnya terasa semakin misteri.

Dari percakapan dengan Chef Romero dan Atzimba pula, disimpulkan seandainya makanan Meksiko umumnya dianggap lezat berasal dari Meksiko bagian tengah dan selatan. Meksiko bagian utara mengalami akulturasi masakan dengan Amerika Serikat hingga mengurangi rasa original. Makin selatan, rasa masakan Meksiko semakin eksotis! 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/05/28/180800327/Bukan.Tortilla.Ini.3.Kuliner.Meksiko.yang.Patut.Dicoba
Terima kasih sudah membaca berita Bukan Tortilla, Ini 3 Kuliner Meksiko yang Patut Dicoba. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bukan Tortilla, Ini 3 Kuliner Meksiko Yang Patut Dicoba"