Bukan Tasikmalaya, Ini Payung Buatan Chiang Mai

No comment 113 views

Berikut artikel Bukan Tasikmalaya, Ini Payung Buatan Chiang Mai, Semoga bermanfaat

Chiang Mai – Kalau ditanya, apa sih suvenir khas kalau liburan ke Chiang Mai, Thailand. Jawabannya adalah payung hias yg cantik, mirip kerajinan Tasikmalaya.

Chiang Mai memiliki desa wisata kerajinan payung hias di Desa Borsang, daerah Sankamphaeng. Di sana ada pusat kerajinan payung tradisional yg bernama Romborsang. detikTravel diajak ke sana oleh Tourism Authority of Thailand (TAT) pada minggu lalu.

Kenapa warga di sini membuat payung hias dari kertas? Rupanya ada sejarahnya. Sekitar 100 tahun lalu, seorang bhiksu bernama Pre Khru In Tha melakukan perjalanan spiritual ke utara Thailand.

Dia sampai ke perbatasan Myanmar dan berjumpa warga desa yg membuat payung dari kertas. Dia pun belajar membuat payung dan mengajari warga Desa Borsang.

Bhiksu Pre Khru In Tha, pendiri payung hias Borsang (Fitraya/detikTravel)Bhiksu Pre Khru In Tha, pendiri payung hias Borsang (Fitraya/detikTravel)

Awalnya payung Desa Borsang bagi kebutuhan sehari-hari dan didermakan buat para bhiksu. Lama-lama, warga berinovasi membuat payung hias dengan cat warna-warni bagi dekorasi dan kini menjadi suvenir khas Chiang Mai.

Patung Pre Khru In Tha berdiri tegak di depan pusat kerajinan payung Romborsang. Dari situ kami masuk ke aula besar dengan aneka macam payung hias yg mampu dibeli oleh wisatawan.

Warna dan motif payung ini sungguh mengingatkan kalian dengan kerajinan serupa di Tanah Air, tepatnya Tasikmalaya. Payung tradisional ini dari ukuran mini bagi pajangan meja atau magnet kulkas, sampai payung ukuran besar bagi dekorasi ruangan.

Wisatawan sedang melihat aneka macam payung hias (Fitraya/detikTravel)Wisatawan sedang melihat aneka macam payung hias (Fitraya/detikTravel)

Semuanya tampil dengan warna cerah dan menarik. Harganya dalam Baht setara akan dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah bergantung jenisnya. Selain payung, ada juga kipas hias yg juga mirip dengan kerajinan serupa di Tasikmalaya.

Di tempat ini, ada juga semacam museum mini tentang payung Desa Borsang. Rupanya payung ini mendapat perhatian khusus Raja Thailand dan keluarganya.

Asyiknya lagi, di belakang ada workshop payung hias. Turis dapat melihat para pengrajin membuat payung hias ini. Bahkan, ada jasa melukis casing ponsel lho. Kalau kelaparan, Romborsang memiliki cafe kecil di bagian depan bagi wisatawan melepas dahaga.

Para pengrajin sedang menghias kipas (Fitraya/detikTravel)Para pengrajin sedang menghias kipas (Fitraya/detikTravel)

(aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/12/085056/3318498/1520/bukan-tasikmalaya-ini-payung-buatan-chiang-mai
Terima kasih sudah membaca berita Bukan Tasikmalaya, Ini Payung Buatan Chiang Mai. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bukan Tasikmalaya, Ini Payung Buatan Chiang Mai"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.